Hukum

Oknum Brimob Arogan Terhadap Wartawan ANTARA

BTN iklan

Jakarta, 19/6 LEI – Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengecam sikap oknum Brimob yang arogan terhadap wartawan LKBN Antara Ricky Prayoga di sekitar lokasi turnamen Bulutangkis Indonesia Terbuka 2017, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Minggu (18/6).

“Ini menunjukkan bahwa anggota Brimob itu masih mengedepankan sikap arogan dan tidak menyadari fungsinya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” kata Neta, di Jakarta, Senin.

Menurutnya, hal mendesak harus dibenahi Polri adalah di dalam pendidikan kepolisian, terutama pendidikan untuk polisi tingkat bawah.

“Sudah waktunya dijelaskan keberadaan fungsi dan tugas wartawan yang dilindungi undang-undang, sehingga wartawan tidak bisa diperlakukan semau gue saat menjalankan tugas jurnalistiknya,” kata Neta lagi.

Dia menyatakan sangat disayangkan jika ada polisi yang memahami fungsi wartawan namun kemudian memperlakukannya seenaknya. Padahal sikap melecehkan profesi wartawan bisa kena sanksi hukum seperti tertuang dalam Undang Undang Pers, katanya pula.

“Dengan adanya kasus ini, sudah saatnya pimpinan kepolisian mengevaluasi semua penugasan anggotanya di lapangan. Artinya, polisi yang bersikap arogan dan cenderung menggertak masyarakat dengan senjata api harus dilarang bertugas yang bersentuhan dengan publik terutama wartawan,” kata Neta.

Bila perlu polisi seperti itu diberhentikan dari kepolisian, karena bertentangan dengan prinsip polisi sipil yang profesional dianut Polri, katanya lagi.

Seorang wartawan Lembaga Kantor Berita Nasional Antara, Ricky Prayoga, diduga diintimidasi oleh anggota Brigade Mobil.

Bermula saat Ricky hendak melakukan peliputan pertandingan final Indonesia Terbuka 2017 di Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta Pusat, sekitar pukul 15.00 WIB.

Kejadian berawal dari Ricky tengah berjalan di sekitar area JCC. Ia melangkahkan kakinya di belakang sales promotion girls (SPG), dan beberapa anggota Brimob.

“Bapak-bapak Brimob yang awalnya melihat ke SPG tersebut, mungkin secara tidak sengaja melihat saya,” tulis Ricky melalui keterangan tertulisnya, Minggu (18/6/2017).

Ricky saling tatap dengan anggota Brimob yang diketahuinya bernama Adam. Merasa heran, Ricky melontarkan pertanyaan kepada Adam. Sebab, dirasa ada yang salah dengan penampilannya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami