Liputan

Olah Tempe Saja Bisa Masuk Rekor MURI lho!

BTN iklan

GROBOGAN, (LEI) – Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah baru-baru ini memecahkan rekor MURI Indonesia dengan pembuatan tempe terbesar.

Pembuatan tempe ukuran jumbo di kota penghasil kedelai terbesar di Jawa Tengah ini mencapai ukuran 7×10 meter. Perwakilan MURI memberikan penghargaan rekor itu kepada Bupati Grobogan Sri Sumarni.

Penghargaan ini disaksikan Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Sumarjo Gatot Irianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Dengan mendapat penghargaan rekor MURI ini, kami ingin terus mengembangkan kedelai di wilayah Grobogan agar berkembang dikenal secara nasional dan internasional,” ujar Sri di sela-sela membuka Grobogan Expo 2017 di alun-alun kota pada Kamis (30/11).

Melalui penghargaan ini maka, Grobogan berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang diraih Pemkab Kabupaten Malang. Pemkab Malang pernah membuat tempe raksasa dengan ukuran 6×9 meter.

Tempe Raksasa yang memecahkan rekor
Tempe Raksasa yang memecahkan rekor

Dirjen Tanaman Pangan Gatot Irianto mengatakan, rekor itu harus menjadi peluang bagi petani kedelai Grobogan sehingga mengembangkan pertanian mereka. Gatot mengatakan, semua itu harus berawal dari niat dan semangat warga setempat untuk mengembangkan tanah pertanian kedelai yang dimiliki.

“Kita bicara kedelai tapi tadi saya buka kotak kue yang disiapkan panitia kok makanannya dari tepung terigu. Gimana. Harusnya makanan-makanan yang terbuat dari kedelai dong,” canda Gatot saat memberi sambutan di hadapan ratusan warga Grobogan.

Setelah pemberian penghargaan rekor MURI itu Bupati Sri, Gatot dan Ganjar langsung mengunjungi tempat pembuatan tempe raksasa itu yang diletakkan para perajin di salah satu ruangan di lingkungan DPRD Grobogan.

“Ini siapa yang mau tempenya bisa lho, ini buatan sendiri. Kalau mau kembangkan kedelai kita harus bangga pada hasil kita sendiri termasuk tempe,” kata Ganjar menawarkan pada masyarakat yang turut melihat tempe raksasa itu. [jawapos]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami