Kesehatan

Olahraga Tanpa Tidur Berkualitas Ternyata Memperpendek Usia

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Ada banyak pertanyaan yang muncul mengenai penyebabnya, tapi tidak ada informasi yang cukup jelas mengenai penyebab serangan jantung yang terjadi.

Kami mengangkat hal serupa yang pernah terjadi pada seorang CEO perusahaan multinasional termuda di dunia dimana beliau juga secara tiba-tiba mengalami serangan jantung.

Ranjan Das, seorang India yang menjadi CEO perusahaan software dunia, SAP, adalah seorang yang masih sangat muda mengingat karirnya yang sangat tinggi. Ranjan sendiri merupakan seorang yang sangat aktif berolahraga bahkan dia juga pelari marathon. Pada bulan Februari 2009 bahkan dia sudah berlari sejauh 180 km sebagai seorang pelari marathon.

Satu hari ketika Ranjan kembali dari gym dan pulang ke rumah, secara mendadak dia mengalami serangan jantung hebat dan meninggal. Anda mungkin mulai bisa merasakan kesamaannya dengan kejadian yang dialami alm. Adjie Massaid ketika beliau pulang dari olahraga bola.

Banyak pertanyaan yang muncul dalam meninggalnya Ranjan Das dan ini terkuak ketika hasil wawancara pada televisi lokal sebelumnya diputar ulang. Ranjan Das pada acara tersebut mengaku bahwa dia tidur hanya 4-5 jam sehari dan dia sangat kekurangan tidur. Seorang kardiolog, atau ahli jantung, menjelaskan mengenai hal ini.

Dari beberapa penelitian yang mengungkapkan fakta-fakta dibalik kurang tidur:

  1. Durasi tidur pendek (<5 atau 5-6 jam) meningkatkan resiko Darah Tinggi hingga 350% sampai 500% dibandingkan mereka yang tidur lebih dari 6 jam semalam. Seperti yang anda tahu, darah tinggi bisa membunuh anda. Penelitian ini dipublikasi tahun 2009.
  2. Orang muda (25-49 tahun) mempunyai resiko 2 kali lebih besar jika mereka kurang tidur. Penelitian ini dipublikasikan 2006.
  3. Mereka yang tidur kurang dari 5 jam semalam mempunyai 3 kali peningkatan resiko serangan jantung. Penelitian ini dipublikasikan tahun 1999.
  4. Kurang tidur penuh ataupun parsial akan meningkatkan konsentrasi C-Reactive Protein dalam darah, ini adalah penanda yang kuat akan serangan jantung. Walaupun tidurnya nanti sudah terpenuhi, konsentrasinya akan tetap tinggi! Penelitian ini dipublikasikan tahun 2004.
  5. Tidur kurang dari 5 jam akan mengarahkan pada 39% peningkatan serangan jantung dan tidur kurang dari 6 jam semalam akan meningkatkan 18% kemungkinan serangan jantung. Penelitian ini dipublikasikan tahun 2006.

Harap diingat bahwa artikel ini memaparkan kemungkinan penyebab terjadinya serangan jantung dimana semua ini juga memiliki hubungan dengan kelelahan dan stress yang tidak teratasi karena kurangnya istirahat. [svv48]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 − 1 =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami