EntertainmentLifestyle

Onigiri Memiliki Rasa Baru di Asia Tenggara

BTN iklan

(LEI/Nikkei) – Onigiri Jepang menjadi makanan praktis di Singapura dan Malaysia, perlahan diterima sebagai makanan Jepang alternatif yang bisa dirasakan di restoran sampai sekarang.

7-Eleven, jaringan toserba terkemuka di Singapura, mulai menjual onigiri di beberapa outlet-nya pada November 2015. Salah satu varian onigiri yang populer adalah yang berisi tuna dan salmon giling, kemudian makanan ini menyebar di hampir seluruh outlet.

Pada bulan yang lalu, 7-eleven menambahkan dua varian lokal: nasi lemak dan udang sambal chili.

Nasi lemak merupakan kuliner asli Malaysia, berupa nasi dengan santan dan dihidangkan bersama dengan telur dan sambal chili. Sambalnya sendiri terdiri dari berbagai macam campuran merica serta rempah, ditambah dengan pasta ikan, bawang, lemon, dan vinegar.

Enam jenis onigiri sekarang tersedia di lebih dari 300-an outlet 7-eleven Singapura. Walaupun harga yang dijual sedikit lebih tinggi daripada yang dijual di Jepang — sekitar 2 hingga 2.50 SGD — khalayak mengapresiasi toserba tersebut karena menyediakan makanan cepat santap ini ketika mereka sibuk.

Di Singapura, toko khusus yang menjual onigiri bermunculan.

Bernama Samurice, yang hingga kini memiliki lima cabang di Singapura, menjual onigiri yang terbuat dari beras Jepang asli. Selain menjual lebih dari 12 varian onigiri, toko ini juga menjual omelet Jepang (Omurice). Onigiri yang dijual dibanderol dengan harga sekitar 3 SGD, dan satu set menu yang terdiri dari dua onigiri dan dua makanan sampingan dibanderol seharga 10 SGD.

Lebih dari separuh pelanggan Samurice adalah orang-orang lokal, kata operator Samurice Food. Perusahaan ini berencanan menambah hingga 20 cabang di Singapura, dengan harapan bisa menjadikan usaha ini sebagai franchise di masa depan.

Image result for onigiri in malaysia
Varian rasa onigiri baru di Malaysia dan Singapura (*)

Di Malaysia, onigiri juga mendapatkan perhatian. Di jaringan toserba lokal myNews.com mulai menjual onigiri tahun lalu. Produk onigiri yang mereka jual bahkan sudah mengantongi sertifikat halal untuk menjangkau masyarakat muslim. Terdapat beberapa varian yang tersedia, antara lain tuna dan ayam teriyaki mayonaise, yang dibanderol seharga 4 RM.

sumber: Nikkei Asia

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami