Internasional

Otoritas Jerman Jinakkan Bom Sisa Perang Dunia II, KBRI Berlin Ditutup

BTN iklan

BERLIN (LEI) – Otoritas Berlin, Jerman, bersiap melakukan evakuasi massal untuk menjinakkan bom sisa Perang Dunia II buatan Inggris yang ditemukan pada Rabu 18 April di kawasan Heidestrasse. Sejumlah gedung, termasuk stasiun kereta api sentral Berlin dan Kedutaan Besar RI, ditutup untuk sementara waktu.

“KBRI tutup hari ini karena ada evakuasi bom sisa Perang Dunia II dalam radius 800 meter. Tidak hanya KBRI tetapi juga seluruh gedung, apartemen, dievakuasi selama proses pengambilan,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, kepada awak media, Jumat (20/4/2018).

Pria yang akrab disapa Tata itu belum tahu berapa lama kantor KBRI di Berlin akan ditutup selama proses pengangkatan bom. Namun, otoritas setempat berharap proses tersebut selesai pada hari ini sehingga KBRI Berlin dapat beroperasi dengan normal pada Senin 23 April.

“Sehubungan dengan pemberitahuan dari Kepolisian Berlin mengenai ditemukannya bom peninggalan Perang Dunia II di sekitar KBRI Berlin, maka KBRI Berlin tidak beroperasi dan akan melakukan pelayanan kembali pada Senin,” tulis KBRI Berlin lewat akun Facebook.

Melansir dari BBC, seluruh gedung yang berada dalam radius 800 m dari lokasi penemuan bom akan ditutup sejak pukul 09.00 waktu setempat. Gedung yang ditutup termasuk Stasiun Kereta Api Sentral Berlin Hauptbahnhof, rumah sakit militer, Kementerian Ekonomi dan Perhubungan Jerman, serta Kedutaan Besar Uzbekistan.

Kepolisian Berlin memastikan tidak ada bahaya dalam jangka pendek setelah bom seberat 500 kilogram (kg) itu ditemukan pada Rabu lalu. Operasi penjinakkan bom diperkirakan akan berlangsung pada Jumat siang waktu setempat.

Operator kereta api Jerman, Deutsche Bahn, dan pengelola jasa transportasi lainnya sudah mengeluarkan peringatan kepada para pengguna akan adanya gangguan massal terhadap layanan kereta api, trem, dan bus di area tersebut.

Operasional penerbangan di Bandara Internasional Tegel yang berada sekira 7 kilometer (km) dari lokasi diperkirakan tidak terdampak. Akan tetapi, pesawat yang hendak mendarat diminta untuk sebisa mungkin menghindari terbang di atas lokasi penemuan bom. Tegel diketahui sebagai bandara paling sibuk di Ibu Kota Jerman tersebut. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami