Hukum

OTT KPK di Lampung, Temukan Rp 1 Miliar Dikardus

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Tim satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus melakukan operasi tangkap tangan pada Rabu (14/2) terhadap anggota DPRD dan pejabat Pemkab Lampung Tengah. Kali ini operasi senyap dilakukan di dua lokasi yakni Lampung dan Jakarta, sebanyak 14 orang.

Ditambah lagi dalam OTT ini, KPK menemukan uang satu miliar rupiah yang diletakkan dalam kardus. Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menjelaskan, ada usulan peminjaman ke salah satu perseroan di bawah Kementerian Keuangan. Untuk usulan peminjaman ini dibutuhkan persetujuan dari DPRD. Juga diduga, pemberian sejumlah uang ini untuk memengaruhi kewenangan.

“Jadi kami konfirmasi memang ada kegiatan tim di lapangan di Lampung dan di Jakarta. Kami amankan totalnya 14 orang. Ada yang di Lampung ada yang di Jakarta. Unsurnya ada anggota DPRD, kemudian pejabat Pemda dan ada pihak swasta. Ada sekitar Rp 1 miliar yang kami amankan,” tutur Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah di Gedung KPK Jakarta, Kamis (15/2).

Lebih lanjut Febri merinci dari 14 yang diamankan, 6 orang diamankan di Lampung yakni terdiri dari 3 anggota DPRD, 2 pegawai Pemkab Lampung Tengah dan 1 pihak swasta. Sementara yang diamankan di Jakarta sebanyak 8 orang terdiri dari 2 anggota DPRD dan 6 pegawai Pemkab Lampung Tengah.

“Untuk yang tertangkap tangan di Lampung kami bawa ke kantor polisi untuk menjalani pemeriksaan. Kalau yang diamankan di Jakarta kami bawa ke kantor KPK,” ucapnya.

Febri menuturkan mereka yang tertangkap tangan diindikasi terkait dengan adanya kebutuhan persetujuan terhadap DPRD. Diduga, para pejabat dan pegawai Pemkab Lampung Tengah membutuhkan persetujuan pada DPRD. “Kemudian dilakukanlah sejumlah upaya untuk pemberian hadiah atau janji tersebut,” kata Febri.

Namun sampai saat ini belum ada kepala daerah yang diamankan dalam operasi tangkap tangan tersebut.

“Belum ada kepala daerah yg kita amankan saat ini. Jadi masih DPRD. DPRD diamankan di Jakarta dan Lampung. Kemudian ada pegawai dan pejabat Pemkab Lampung Tengah dan ada pihak swasta. Sampai saat ini tim masih di lapangan,” terangnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close