Hukum

OTT KPK Seret Pejabat Kemenpora

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Tidak kenal lelah, Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi antirasuah ini terus dilancarkan. Kali ini pejabat Kementrian Pemuda dan Olahraga menjadi sasaran OTT. Dari kabar yang bergulir, target OTT tersebut adalah Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Mulyana.

Bahkan terdapat delapan orang lainnya yang diamankan KPK. Diantaranya terdapat barang bukti berupa uang Rp 300 Juta dan kartu ATM.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengungkapkan, suap yang menyeret pejabat Kemenpora itu terkait dengan biaya komitmen sebagai transaksi pada pencairan dana hibah untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). “Diduga terjadi transaksi (kickback) terkait dengan pencairan dana hibah dari Kemenpora ke KONI,” papar Agus.

Mantan ketua Lembaga Kebijakan Pengadan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) itu menjelaskan, saat ini sembilan orang yang terjaring OTT KPK terkait dana hibah Kemenpora untuk KONI sedang menjalani pemeriksaan. KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status sembilan orang itu.

“Hasil OTT ini akan diinformasikan lebih lengkap pada konferensi pers yang akan dilakukan oleh KPK. Sesuai KUHAP, KPK diberikan waktu maksimal 24 jam untuk menentukan status pihak-pihak yang diamankan,” tandas Agus.

Sekretaris Kemenpora (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto mengaku terkejut dengan kejadian tangkap tangan yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kantor Kemenpora, Selasa (18/12) malam.

Lima orang yang merupakan pejabat dan pegawai di lingkungan Deputi IV bidang peningkatan prestasi olahraga Kemenpora digelandang oleh KPK.

“Kami hormati proses hukum yang ada. Yang pasti ada Deputi IV, PPK ini dari eselon III, ada bendahara ini eseleon IV, dan dua lainnya,” tuturnya Gatot.

Dia juga tak tahu menahu mengenai ada atau tidaknya barang yang disita oleh KPK yang membawa para pejabat Kemenpora ke gedung merah putih.

“Saya nggak tahu apakah ada barang-barang yang disita atau enggak,” tandasnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami