HEADLINESNasional

Padang Banjir Hingga 1 Meter

BTN iklan

Padang-LEI, Banjir yang melanda Jondul, Rawang, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) terjadi dinihari atau saat umat muslim menjalankan ibadah sahur. Akibatnya, sebagian warga yang rumahnya tergenang tidak bisa melaksanakan sahur.

Tingginya curah hujan yang mengguyur Kota Padang, Sumatera Barat, membuat sejumlah kawasan tergenang banjir, Rabu, 31 Mei 2017. Ketinggian air bervariasi mulai 30 sentimeter hingga 150 sentimeter.

Menjelang sahur, Rabu dini hari, 31 Mei 2017, sebagian besar titik di Kota Padang kembali dihantam banji. Banjir tersebut, dipicu akibat tingginya intensitas hujan yang turun sejak pukul 00.15 WIB.

Saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang dan unsur lainnya, tengah berupaya mengevakuasi warga yang terjebak.

Banjir merendam di sejumlah kawasan di antaranya, Jondul Rawang, Lapai, Ulak Karang, Tabiang Banda Gadang Gunung Pangilun, By Pass, Limau Manis dan sejumlah titik lainnya. Bahkan, genangan air sudah mencapai pinggang orang dewasa.

Untuk lokasi Jondul Rawang dan Tabiang Banda Gadang, warga sudah minta untuk segera di evakuasi karena debit air terus meningkat. Hingga saat ini, baik BPBD Padang maupun pihak terkait lainnya belum bisa dikonformasi.

Sementara itu, berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG Padang Pariaman, saat ini sejumlah wilayah di Sumatera Barat masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan dapat disertai angin kencang.

Kondisi itu terjadi di wilayah Padang, Pesisir Selatan, kabupaten Solok, Kepulauan Mentawai, Lima Puluh Kota dan dapat meluas ke sebagian wilayah Padang Pariaman, Pariaman, Kota Solok, Agam, Bukittinggi dan sekitarnya.

Hujan sempat berhenti pada pukul 05.00 WIB, namun kembali turun sekitar pukul 05.30 WIB. Hingga pukul 06.00 WIB, hujan masih mengguyuri daerah itu. Sementara ketinggian air terus naik mencapai satu meter lebih.

Perahu karet dari BPBD, serta Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan II Padang terus melakukan evakuasi.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close