Nasional

Pancasila Punya Nilai Tinggi untuk Kemerdekaan yang Hakiki

BTN iklan

Jakarta, LEI – Eksekutif Wilayah Jabodetabek Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi, Alkautsar, menilai Pancasilan mempunyai nilai tinggi untuk menuju kemerdekaan yang hakiki.

Alkautsar dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/6), mengatakan, para pendiri bangsa, termasuk Bung Karno sudah memikirkan pentingnya landasa negara demi kemerdekaan yang hakiki.

“Pentingnya landasan negara sudah dipikirkan oleh Bung Karno jauh sebelum Indonesia merdeka. Sejak 1918 sudah berfikir meletakkan dasar kebangsaan Indonesia sebagai prinsip pertama bagi negara Indonesia merdeka,” katanya.

Pancasila merupakan hasil penggalian dari buminya Indonesia dan Bung Karno telah berhasil menggali Pancasila ini setelah tertanam jauh di dasar bumi selama 350 tahun lamanya.

“Ini patut dihargai, bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa ini dan yang lebih penting adalah mengamalkan Pancasila dalam praktek kehidupan sehari-hari untuk mencapai masyarakat adil dan makmur bedasarkan keadilan sosial,” kata Alkautsar.

Tanpa sebuah alat pemersatu, lanjut Alkautsar, sangat sulit untuk meraih satu cita-cita kemerdekaan dan mana mungkin bisa mempertahankan keberlangsungan bangsa yang sangat satu ini. Dengan begitu, banyak suku bangsa, agama, bahasa, pemikiran dan gagasan, jika tidak diberi sebuah dasar dalam menyusun masa depan bangsa ini, maka sudah pasti bangsa ini tidak akan bertahan lama. Di sinilah perlunya sebuah dasar untuk menyusun sebuah negara sebesar Indonesia ini.

Indonesia adalah negara yang populasinya sangat besar jumlahnya, ada 260 juta jiwa di antara 300 ratus etnik yang berbeda beda, dengan beragam macam agama dan aliran kepercayaan serta bahasa yang berbeda beda, ini semua menjadi satu dalam payung yang disebut negara Indonesia.

“Hal ini juga dijelaskan Bung Karno pada pidato 1 Juni 1945, negara Indonesia bukan satu negara untuk satu golongan tetapi negara Indonesia adalah negara semua unuk satu,” katanya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close