EkonomiFinansial

Pandemi Covid-19 Buka Kesempatan untuk Restrukturisasi Piutang

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Kondisi Pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia mengakibatkan banyaknya perusahaan yang mengalami krisis. Kondisi ini mengakibatkan banyaknya debitur yang gagal bayar terhadap utang-utangnya.

Bagi perusahaan yang terkena dampak Pandemi Covid 19, memiliki kesempatan untuk melakukan restrukturisasi utangnya. Hal ini disampaikan oleh Dr. Lenny Nadriana, SH, MH dalam Kuliah Umum Webinar dengan Tema “RESTRUKTURISASI PEMBAYARAN UTANG DALAM PKPU DAN KEPAILITAN PADA MASA PANDEMI’, yang diselenggarakan oleh KOPERTIP Indonesia.

Pada kesempatan ini, Dr. Lenny mengatakan “Restrukriasai Utang Merupakan Suatu Proses Untuk Merestruktur Hutang Bermasalah Dengan Tujuan Untuk Memperbaiki Posisi Keuangan Debitor”. “Restrukturisasi Bertujuan Untuk Meringankan Kreditor Dalam Bentuk Antaralain: Penyesuaian Cicilan Pokok, Penurunan Suku Bunga Serta Perpanjangan Waktu”, lanjutnya.

Pemerintah melalui Menteri Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan kebijakan tentang Restrukturisasi Utang bagi Perusahaan yang terkena dampak pailit. Peraturan-peraturan terkait restrukturisasi utang tersebut adalah Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2020 tanggal 11 Mei 2020, PMK No. 98/PMK.08/2020 Tanggal 28 Juli 2020, Peraturan No.11/PJOK.03/2020, Peraturan No.14/PJOK.05/2020.

Adanya 2 peraturan OJK tersebut, maka maka Debitor yang terkena dampak Covid-19 dapat mengajukan restrukturisasi kredit kepada bank maupun Lembaga Jasa Keuangan Nonbank.

Dr. Lenny juga menjelaskan restrukturisasi yang dilakukan dapat berupa Perpanjangan Jangka Waktu; Penurunan Suku Bunga; Pengurangan Tunggakan Pokok;Pengurangan Tunggakan Bunga; Penambahan Fasilitas Kredit/Pembiayaan; Pengurangan Utang (Hair Cut); Merger, Pemisahan (split-off/spin-off), atau Akuisisi; Penyitaan Barang-barang Jaminan Utang (Debt To Equity Swap); Konversi Kredit/Pembiayaan Menjadi Penyertaan Modal Sementara (PMS); Aset yang Diambil Alih (AYDA).

Kuliah Umum Webinar ini sebagai rangkaian kegiatan kuliah umum yang diselenggarakan oleh KOPERTIP Indonesia, diikuti oleh 58 participant dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. [Irwan/LEI]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami