Hukum

Pantau Praperadilan Syafruddin Temenggung, KY Turunkan Tim

BTN iklan

JAKARTA/lei  — Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akan memutus permohonan praperadilan tersangka korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) pada Rabu (2/7/2017).

Tersangka yang dimaksud adalah Syafruddin Arsjad Temenggung, mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) yang dituding telah menerbitkan surat keterangan lunas atau SKL kepada obligor BLBI, Sjamsul Nursalim pemilik Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI).

Untuk mengawasi sidang putusan tersebut, Komisi Yudisial (KY) berencana menerjunkan tim pemantau.

Menurut Juru bicara KY Farid Wajdi, proses pemantauan tersebut merupakan sebagai bentuk KY melaksanakan perintah UU dan upaya memastikan bahwa proses sidang berjalan sebagaimana mestinya.

“Sehubungan dengan itu KY akan fokus pada etika hakim dalam prosesi persidangan ini, baik perilaku di dalam sidang maupun perilaku di luar sidang. Selain itu, kami juga meminta semua pihak menghormati profesi dan putusan hakim dengan menjaga independensi dan imparsialitasnya,” ujarnya, Rabu (2/8)/2017.

Temenggung diduga telah menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara dalam penerbitan surat keterangan lunas SKL kepada Sjamsul Nursalim selaku pemegang saham pengendali BDNI.

Temenggung yang menjabat sebagai Kepala BPPN sejak April 2002, pada bulan berikutnya mengusulkan kepada Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK) untuk melakukan perubahan atas proses litigasi terhadap kewajiban obligor menjadi restrukturisasi atas kewajiban penyerahan aset oleh obligor BDNI kepada BPPN sebesar Rp4,8 triliun.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

4 Comments

  1. I have been exploring for a bit for any high quality
    articles or blog posts on this sort of space .
    Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this website.
    Reading this information So i am glad to convey that I’ve an incredibly excellent uncanny feeling I
    found out exactly what I needed. I such a lot
    for sure will make certain to do not forget this
    website and provides it a glance on a relentless basis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami