BTN iklan
EntertainmentKesenianLiputan

Parade Banjarmasin Sasirangan Festival Diikuti Ribuan Peserta

BANJARMASIN, 10/3 (LEI)- Parade Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) yang puncak kegiatannya digelar pada Sabtu pagi di Banjarmasin diikuti ribuan peserta.

Pantauan di lapangan, parade bukan hanya diikuti peserta dari kalangan karyawan Pemkot Banjarmasin dan jajarannya, tetapi juga diikuti organisasi kemasyarakat, pelajar, mahasiswa, dan komunitas.

Parade berjalan kaki yang mengambil rute Jalan Lambung Mangkurat dari balaikota Jalan RE Martadinata terus ke Siring Tendean tersebut panjang peserta hampir satu kilometer.

Kegiatan tersebut diawali pemain drum band yang memainkan alatnya secara atraktif dan merekapun semuanya menggunakan kostum kain sasirangan.

Barisan kedua diiiringi oleh ibu-ibu PKK yang dipimpin Ketua PKK yang juga isteri Wali Kota Ibnu Sina, Siti Wasilah tersebut juga menggunakan kebaya sain sasirangan.

Hanya saja kelompok ibu-ibu isteri pejabat Pemkot Banjarmasin tidak berjalan kaki, tetapi menggunakan kendaraan semacam kereta, seraya mereka melambai-lambaikan tangan ke masyarakat yang menyaksikan farade tersebut.

Setelah itu baru diingi oleh para karyawan semua SKPD yang ada di Pemkot Banjarmasin, seraya mereka membawa spanduk nama SKPD masing-masing tentu dengan ajakan “Yu Kita Pakai Sasirangan.” Selain itu, juga akan kelompok pakaian Etnik yang agaknya peserta para model yang ada di Kota Banjarmasin, ada sekitar 30 pesetta pakaian etnik yang memberikan nuansa tersendiri dalam farade tersebut.

Tak kalah menarik, ratusan anak sekolah berpakaian seragam sairangan menggelar kain sepanjang ratusan meter seraya berjalan kaki mengikuti farade tersebut, kasin tersebut merupakan hasil dari olahan (menyirang) secara massal oleh mereka sendiri.

Kemudian yang cukup atraktif kelompok sepeda ontel dari Komunitas Sepeda Antik Banjarmasin (Saban), dengan aneka pakaian etnik, pakaian jadul, sneka pakaian lainnya semuanya juga menggunakan kain sasirangan.

Bahkan kelompok ontelis ini membawa pengeras suara yang cukup nyaring seraya membunyikan lagu-lagu berbahasa Banjar dengan syair syair kocak.

Farade tersebut berakhir di panggung hiburan Siring Tendean, dimana sudah menunggu puluhan pejabat, anggota DPRD Banjarmasin, serta pejabat terkait lainnya termasuk TNI dan Polri.

Aneka hiburan juga ditampilkan di panggung tersebut diantaranya Madihin Kocak oleh Anang Syahrani dan atraksi lainnya.

Dalam BSF dari 7-11 Maret ini merupakan BSF untuk kedua kali ini, menampilkan berbagai rangkaian acara untuk menyemarakan agenda wisata nasional ini.

Di antaranya menyirang oleh 150 pelajar dan 100 komunitas, lomba motif sasirangan, parade massal 4000 peserta mengambil star dari Balaikota, kemudian Fashion show, penobatan ambasador, pemilihan putri muslimah dan pemuda pelopor, bazar dan ekspo yang diikuti 50 stand dari seluruh kabupaten, kota se- Kalsel, serta forum diskusi sasirangan. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close