Internasional

Partai Demokrat Denmark Raih Banyak Suara

BTN iklan

Copenhagen, Denmark, (Lei) – Partai oposisi Denmark, Sosial Demokrat, telah meraih banyak suara dalam pemilihan lokal pada Selasa (21/11), demikian data resmi yang disiarkan pada Rabu.

Dengan semua suara sudah dihitung, Partai Sosial Demokrat –yang dipimpin oleh Mette Frederiksen– mengantungi 32,5 persen suara, naik tiga persen dari 29,5 persen dalam pemilihan 2013. Sementara itu, Partai Liberat, yang memerintah, menyaksikan kemerosotan dukungan dari 26,6 persen jadi 24,1 persen.

Partai Sosial Demokrat juga mengukir kemenangan di sedikitnya 45 dari seluruh 98 posisi wali kota, termasuk wali koota empat kota terbesar Denmark.

Frank Jensen dari Partai Sosial Demokrat terpilih kembali untuk posisi Wali Kota Copenhagen, Ibu Kota negeri itu, kata Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis pagi. Copenhagen baru memiliki satu wali kota dari Sosial Demokrat sejak jabatan tersebut diciptakna pada 1938.

Di Kota Terbesar Kedua, Aarhus, Wali Kota Jacob Bundsgaard dari Sosial Demokrat terpilih kembali dan sekali lagi menjadi peraih suara terbanyak dalam pemilihan itu dengan meraih 39.841 suara.

“Kelihatannya kami akan melewati garis perolehan dalam posisi wali kota. Kelihatannya kami bukan hanya akan menjadi partai terbesar tapi juga menyaksikan pertumbuhan yang luar biasa,” kat Mette Frederiksen kepada lembaga penyiaran umum Denmark, DR.

Meskipun mengalami kekalahan dalam pemilihan, Perdana Menteri Lars Loekke Rasmussen pada Selasa malam mengatakan ia relatif puas dengan hasil tersebut.

“Semuanya menunjukkan bahwa kami menghadapi pemilihan umum yang bagus. Melihat persentsenya, kami berada pada tingkat yang cukup sama dengan kondisi terakhir kami, saat kami meraih sebanyak seperempat suara,” kata Rasmussen kepada DR.

Menurut Roger Buch, seorang peneliti dari Danish School of Media and Journalism, itu adalah hasil paling buruk buat Venstre sejak 1989.

“Orang nyaris bisa menyebutnya keburukan bersejarah ketika orang perlu kembali ke waktu lebih dari 25 tahun untuk menemukan hasil yang paling buruk,” kata Buch sebagaimana dikutip oleh kantor berita Denmark, Ritzau.

Sekutu pemerintah, Partai Rakyat Denmark, menyaksikan kemerosotan tajam dalam perolehan suaranya sebanyak 1,3 persen jadi 8,8 persen, bertolak-belakang dengan ramalan sebelum pemungutan suara.

Pemberi suara yang datang berjumlah 70,8 persen, sedikit lebih rendah dari rekor pemilih 71,9 persen pada 2013.

Pada Selasa, rakyat Denmark mendatangi 1.387 tempat pemungutan suara di seluruh negeri tersebut untuk memilih wakil untuk parlemen lokal dan dewan kota. (Antara/Xinhua-OANA)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami