InternasionalLiputan

PBB : Perempuan Harus Jadi Prioritas Utama

BTN iklan

Newyork/Lei  – Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Senin (13/3) mengatakan pemberdayaan perempuan harus menjadi prioritas utama di dunia yang didominasi kaum pria.

Ketika berpidato dalam Sidang Ke-61 Komisi PBB mengenai Status Perempuan, Guterres mengatakan pemberdayaan perempuan adalah mengenai penerobosan penghalang struktural buat perempuan di segala lapisan kehidupan.

“Kita semua bertindak lebih baik ketika kita membuka pintu buat perempuan dan anak perempuan: di ruang kelas dan kamar asrama, di jajaran militer dan dalam pembicaraan perdamaian, dalam segala aspek kehidupan produktif,” kata Sekjend PBB tersebut.

Guterres juga mengatakan perempuan mesti diakui setara di tempat kerja dan mesti didorong dengan dasar itu.

“Dunia kita memerlukan lebih banyak perempuan pemimpin. Dan dunia kita memerlukan lebih banyak lelaki yang bangkit demi kesetaraan gender,” kata Guterres, sebagaimana diberitakan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa siang.

Komisi mengenai Status Perempuan adalah badan global antar-pemerintah utama yang secara eksklusif didedikasikan pada peningkatan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Tema prioritas bagi sidang tahun ini ialah Pemberdayaan Ekonomi Perempuan dalam Mengubah Dunia Pekerjaan.

Phumzile Mlambo-Ngcuka, Direktur Pelaksana UN Women, mengatakan pada hakekatnya perekonomian mengandalkan pekerjaan rumah tangga dan perawatan tanpa bayaran yang kebanyakan dilakukan oleh perempuan dan anak perempuan.

“Perubahan positif di dunia pekerjaan harus memungkinkan pekerjaan perawatan dihargai dan dibagi oleh orang tua dan dalam unit keluarga,” kata wanita pejabat tersebut.

“Ini akan mewujudkan perubahan positif yang berjangkauan jauh buat perempuan, masyarakat dan perekonomian,” kata Mlambo-Ngcuka.

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + six =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami