HukumLiputan

Pebisnis juga Butuh Dilindungi Hukum

BTN iklan

JAKARTA, LEI/Antara — Anggota Komite Bidang Hukum Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) I Ketut Prihadi Kresna mengatakan operator telekomunikasi butuh jaminan keamanan untuk merealisasikan jasa layanan tersebut.

Implementasi Mobile Virtual Network Operator (MVNO) membutuhkan regulasi yang dapat melindungi pemain agar tidak tersandung hukum. Secara prinsip, penerapan jasa layanan telekomunikasi bergerak itu bisa diterapkan.

“MVNO sudah diperbolehkan tetap belum diatur secara tegas. Artinya secara prinsipnya sudah ada. Namun, seperti kasus IM2. Para operator pun membutuhkan jaminan keamanan apabila mau mengimplementasikan MVNO,” paparnya kepada Bisnis, Selasa (6/9/2016).

Prihadi menambahkan ketegasan yang dibutuhkan oleh pelaku industri nantinya akan dimuat dalam revisi Peraturan Pemerintah (PP) No. 53/2000 tentang Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio dan Orbit Satelit dan PP No. 52/2000 tentang

Penyelenggaraan Telekomunikasi. Dari sisi pelaku industri, im plementasi MVNO operator telekomunikasi membawa keuntungan karena penerapan ini bisa membantu operator menggarap segmentasi yang belum tersentuh.

Direktur/Chief Service Management Officer PT XL Axiata Tbk. Yessie D Yosetya mengungkapkan implementasi MVNO akan membawa keuntungan untuk tiga sisi yakni konsumen, rekanan MVNO, dan operator telekomunikasi.

“Jika dilihat dari benchmark negara lain, MVNO akan menguntungkan. Di samping itu, model bisnis MVNO jauh lebih lean, market oriented, dan spesifik. Ada tiga bagian yang terlibat yakni konsumen, partner dan operator itu sendiri,” katanya.

Pertama, dari sisi konsumen akan membantu karena memiliki alternatif dan pembanding. Kedua, dari sisi partner, bisnis model MVNO bisa meningkatkan trafik. Hal tersebut membuat vendor memiliki kesempatan untuk menjual lebih banyak sehingga partner akan diuntungkan.

Ketiga, dari sisi operator bisa mengatasi kesulitan menggarap semua segmentasi market.

“Kami sadar tidak bisa menggarap semua segmen market karena tidak memiliki spesialisasi dan memberikan konten. Sehingga adanya MVNO bisa menggarap segmen yang tidak tergarap,” tambah Yessie.

Adapun dari sisi penggunaan dan utilitas operator pun bisa memaksimalkan trafik penggunaan. Melihat potensi dan keuntungan, Yessie mengaku XL sangat serius memasuki pasar ini jika nantinya MVNO bisa diterapkan di Indonesia.

MODEL BISNIS

Vice President Director Hutchison Tri Indonesia (H3I) Muhammad Danny Buldansyah mengungkapkan hal yang serupa, yakni model bisnis MVNO baik untuk operator telekomunikasi.

“Yang perlu diingat dari implementasi MVNO yakni rekanan harus memiliki izin sebagai penyelenggara jasa, yang artinya memiliki kewajiban yang harus dipenuhi. amun, asumsi operator yang ditumpangi oleh OTT  merugi rasanya sulit. Pasalnya, pasti akan ada perjanjian antara rekanan MVNO dan operator yang jelas beserta poin komersialnya,” paparnya.

Di sisi lain, CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli mengungkapkan belum bisa memaparkan secara detail terkait implementasi MVNO.

“Kami belum bisa mengungkapkan secara detail. Namun, secara biasa kurang suka MVNO tapi memang ada kebutuhan
MVNO agar masyarakat atau komunitas bisa di-address untuk lebih baik,” jelasnya.

Alex menambahkan penyelenggara MVNO yang memiliki pasar dan keuntungan yang sangat besar saat ini tidak banyak di negara lain. Namun, pemanfaatan jaringan operator yang belum terpakai akan membawa dampak yang baik.

Wacana implementasi MVNO ini muncul dari rencana revisi PP No. 52/2000. Revisi yang saat ini tengah digodok ditemukan potensi munculnya model bisnis baru yakni MVNO.

Beberapa pihak menilai gelaran itu menimbulkan dampak negatif kepada industri. Pertama, munculnya pemain baru telekomunikasi padahal pemerintah sedang mendorong konsolidasi industri.

Kedua, penyelenggaraan MVNO mendorong terjadinya perang tarif (layanan voice). Menurut International Telecommunication Union (ITU), MVNO merupakan operator yang menawarkan layanan bergerak tetapi tidak memiliki lisensi spektrum frekuensi sendiri.(bisnis.com)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

6 Komentar

  1. 56446 560744I dont normally look at these kinds of websites (Im a pretty shy person) – but even though I was a bit shocked as I was reading, I was certainly a bit excited as well. Thanks for giving me a big smile for the day 408186

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami