Internasional

Pecahkan Rekor, Seekor Hiu Paus Berenang 19.300 Km Lintasi Pasifik

BTN iklan

Panama (LEI) – Seekor hiu paus (Rhincodon typus) memecahkan rekor dalam hal jarak migrasi terjauh. Hiu paus itu bermigrasi melintasi Samudra Pasifik sejauh 12.000 mil (sekitar 19.312 km).

Dilansir The Independent, Senin (30/4/2018), hiu paus itu diberi nama Anne oleh sejumlah peneliti. Anne bermigrasi dari dekat Panama di tenggara Pasifik menuju ke area dekat Filipina di Indo-Pasifik.

Pakar dari Institusi Penelitian Tropis Smithsonian mengikuti sinyal hiu paus itu dari perairan Panama melewati Pulau Clipperton dan Pulau Cocos di Costa Rica.

Setelah diikuti selama 266 hari, sinyal Anne menghilang saat dia berada di laut yang dalam, sebelum akhirnya kembali terhubung 235 hari kemudian di sebelah selatan Hawaii.

Anne kemudian menuju ke Palung Marianas, sebuah ngarai di dasar samudra tempat sutradara James Cameron menemukan titik terdalam bumi yang hampir 11 km ke bawah permukaan laut.

Perjalanan Anne yang berhasil dicatat menjadi bukti pertama dari migras hewan hiu paus.

Ahli Biologi Laut Héctor Guzman yang pertama menandai Anne di dekat Pulau Coiba di Panama menyatakan, para ahli hanya mendapat sedikit informasi mengenai kenapa hiu paus bermigrasi.

“Apakah mereka mencari makan, mencari kesempatan berkembang biak, atau digerakkan oleh dorongan yang lain?” tutur Guzman.

Studi genetika menunjukkan hiu paus di seluruh dunia mengharuskan mereka melakukan perjalanan jarak jauh untuk kawin. Seekor hiu paus betina dewasa dapat melakukan perjalanan sekitar 40 mil (64 km) per hari dan dapat menyelam lebih dari 1.900 meter. (detik)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami