Hukum

Pedangdut Saipul Jamil Divonis 3 Tahun Penjara

BTN iklan

Jakarta, LEI – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta memvonis pedangdut Saipul Jamil 3 tahun penjara dalam kasus suap terhadap Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi.

“Menjatuhkan pidana oleh kerena itu terhadap terdakwa Saipul Jamil dengan pidana penjara selama 3 tahun,” kata Ketua Majelis Hakim Baslin Sinaga membacakan amar putusan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (31/7/2017).

Selain itu, majelis juga menghukum Saipul Jamil membayar denda Rp 100 juta subsider 3 bulan kurungan. Vonis tersebut dijatuhkan karena Saipul terbukti secara sah dan meyakinkan menyuap Rohadi Rp 250 juta yang dilakukan secara bersama-sama.

“Mengadili, menyatakan terdakwa Saipul Jamil terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama,” katanya.

Perbuatan Saipul Jamil itu melanggar dakwaan alternatif kedua jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yakni Pasal 5 Ayat (1) huruf b Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Adapun hal memberatkan yang menjadi pertimbangan majelis dalam menjatuhkan vonis yakni Saipul Jamil tidak berterus terang mengakui perbuatannya.

Sedangkan hal-hal meringankan yang menjadi pertimbangan majelis adalah terdakwa Saipul Jamil berlaku sopan di persidangan dan menyesali atas perbuatan yang didakwakan jaksa kepadanya.

Saipul menyatakan pikir-pikir atas vonis tersebut. Saipul menyampaikan akan berembuk dengan keluarga untuk menentukan sikap.

“Saya atas nama pribadi dan teman-teman memilih untuk pikir-pikir. Jadi saya akan rembukkan dengan keluarga, saya akan pikir-pikir selama 7 hari,” kata Saipul.

Begitupun jaksa penuntut umum KPK, menyatakan pikir-pikir dan akan menggunakan waktu selama sepekan untuk menentukan sikap atas vonis lebih ringan dari tuntutannya itu.

Jaksa penuntut umum KPK sebelumnya menuntut terdakwa Saipul Jamil dijatuhi hukuman 4 tahun penjara dan membayar denda Rp 100 juta subsider 6 bulan kurungan.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami