Pegadaian Lakukan Sinergi Dengan BUMN Kembangkan Transaksi Non Tunai – Legal Era Indonesia
Liputan

Pegadaian Lakukan Sinergi Dengan BUMN Kembangkan Transaksi Non Tunai

Bagikan ke:

Jakarta-LEI, PT Pegadaian (Persero) melakukan sinergi dengan perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam rangka mengembangkan transaksi nontunai dalam penyaluran kredit sebagai peningkatan pelayanan kepada nasabah.

Wujud dari sinergi tersebut dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman dengan Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN dengan disaksikan Menteri BUMN Rini Soemarno di sela HUT Pegadaian ke-115 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Menteri Rini mendukung langkah pegadaian tersebut sebagai sinergi BUMN bukan hanya untuk meningkatkan kinerja perusahaan, melainkan juga memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Dia menambahkan kerja sama tersebut memudahkan nasabah pegadaian yang memiliki rekening di bank-bank tersebut.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT Pegadaian (Pesero) Riswinandi lebih lanjut menjelaskan kerja sama tersebut merupakan penyelenggaraan sistem “host to host” untuk menginterkoneksikan data nasabah Pegadaian yang memiliki rekening di bank-bank tersebut.

“Nasabah yang melakukan transaksi gadai dapat langsung mentransfer dana ke rekening keempat bank BUMN yang bersinergi,” katanya.

Riswinandi mengatakan selain dengan BUMN perbankan, Pegadaian juga menandatangani nota kesepahaman dengan PT Aneka Tambang dengan tujuan menjamin ketersediaan emas logam mulia dan kecepatan distribusi kepada nasabah.

Lebih lanjut, Riswinandi mengatakan ke depan, pihaknya akan meningkatkan aksesibilitas masyarakat perdesaan guna mendapatkan produk dan layanan Pegadaian terutama akses pembiayaan yang membantu peningkatan ekonomi masyarakat.

Untuk mewujudkan hal tersebut Pegadaian menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

“Dengan adanya kerja sama ini diharapkan semakin meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat desa serta mampu menggerakan sektor-sektor ekonomi domestik sebagaimana butir 7 Nawacita,” katanya.

Pegadaian mencatat peningkatan nasabah sebesar 23,2 persen menjadi 7,59 juta nasabah pada 2015 dibanding 2014 yang hanya mencapai 6,16 juta nasabah.

Jumlah dana yang disalurkan juga mengalami meningkatan sebesar 9,9 persen dari Rp102,59 triliun pada 2014 menjadi Rp112,75 triliun di 2015.

Dari sisi keuangan, Pegadaian tahun 2015 membukukan laba bersih Rp1,93 triliun atau naik 10 persen dari Rp1,76 triliun pada 2014.

Perayaan HUT Pegadaian ke-115 tahun ini dimeriahkan dengan kegiatan jalan santai yang diikuti oleh sekitar 7.000 peserta dengan rute Plaza Selatan GBK-Jembatan Semanggi serta hiburan, donor darah, santunan yatin piatu dan sebagainya.

iklan btn

Click to comment

Komentar Anda...

To Top