Hukum

Pelanggaran Arief Adalah Domain Dewan Etik MK

BTN iklan

Jakarta, LEI – Juru bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono mengatakan majunya keputusan Dewan Etik MK terkait dengan etik yang dilakukan oleh Hakim Konstitusi termasuk Ketua MK Arief Hidayat. 

“Soal keliling etik yang dilakukan oleh Hakim Konstitusi, itu adalah domain Dewan Etik,” kata Fajar di Gedung MK Jakarta, Kamis.

Fajar mengatakan hal itu itu adalah orang-orang yang tidak percaya pada independensi MK dan meminta Ketua MK Arief Hidayat untuk mundur dari jabatannya.

“Yang ingin didengar oleh MK sebenarnya boleh-boleh saja asas asmara Prof Arief Hidayat mendasari itu semua,” kata Fajar.

Fajar kata sebelumnya Koalisi Selamatkan MK yang terdiri dari beberapa lembaga swadaya masyarakat mendatangi MK dan mempertanyakan putusan Dewan Etik terkait kasus dugaan lobi politik Arief Hidayat dengan pimpinan Komisi III DPR.

Pada satu sisi, Koalisi Selamatkan MK dikatakan Fajar mempercayai Dewan Etik, namun mempertanyakan mengapa Dewan Etik tidak bisa membuktikan lobi politik tersebut.

“Jadi sebetulnya ini bukan masalahnya tidak percaya, tapi karena asas-asumsinya,” kata Fajar.

Terkait dengan pernyataan masyarakat yang tidak percaya pada independensi MK, Fajar hal ini menjadi satu masalah baru.

“Sebuah lembaga peradilan ini kan bisnis prosesnya itu kepercayaan, jadi kepercayaan itu menjadi penting dan kapan lembaga peradilan tidak dipercaya itu menjadi masalah bagi negara ini,” pungkas Fajar.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

One Comment

  1. I’m really enjoying the theme/design of your web site.
    Do you ever run into any web browser compatibility issues?

    A small number of my blog readers have complained
    about my site not working correctly in Explorer but looks great in Chrome.
    Do you have any advice to help fix this problem?

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami