LiputanNasional

Pelukis Antonious Kho Pameran di Surabaya

BTN iklan

Surabaya, 3/2 (Antara) – Pelukis Antonius Kho menggelar pameran tunggal di Galeri House of Sampoerna, Jalan Taman Sampoerna Surabaya, Jawa Timur, yang terbuka untuk umum mulai Sabtu, hingga sebulan ke depan, yakni 3 Maret 2018.

Pelukis berusia 60 tahun kelahiran Klaten, Jawa Tengah, yang telah lama menetap di Ubud, Bali, itu mengangkat tema “Remembering”.

“Ada 25 karya lukisan yang saya pamerkan di sini,” katanya, saat dikonfirmasi di sela pameran.

Ke-25 karya lukisan dengan media campuran di atas kanvas itu semuanya dibuat di studio mininya di Ubud, Bali, selama setahun terakhir.

Pada keseluruhan karyanya tampak menampilkan figuratif wajah-wajah manusia dengan berbagai karakter.

“Wajah-wajah dalam seluruh lukisan ini merupakan buah dari pengalaman perjalanan saya di berbagai kota di Indonesia maupun luar negeri,” katanya.

Dia menggambar berbagai karakter wajah manusia itu berdasarkan orang-orang yang dijumpainya di setiap perjalanan yang dilaluinya.

Pada karya berjudul “Cambodia Young Girl”, misalnya, merupakan visualisasi wajah-wajah gadis Kamboja yang dijumpainya selama Antonio menggelar pameran lukisan di negeri Kamboja.

Pengamat seni rupa Agus Dermawan T menyebut karakter kuat dari setiap karya Antonius Kho sejak awal karirnya sebagai pelukis sampai sekarang adalah selalu memunculkan beragam bentuk wajah dengan mimik karakter yang sangat unik.

Wajah-wajah di setiap lukisannya diperkuat dengan pemilihan warna yang lembut seperti jingga, putih, coklat atau hijauh muda yang dihasilkan dari kombinasi pewarna akrilik, pastel dan juga pensil warna.

“Sketsa wajah-wajah itulah kekuatan dari pelukis Antonius Kho,” ujarnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami