Internasional

Pemerintah Korsel Tolak Kritik Terkait Partisipasi Korut di Olimpiade Pyeongchang

BTN iklan

SEOUL, Lei – Gedung Biru secara resmi menolak kritik yang menyebut bahwa Olimpiade Musim Dingin telah dibajak oleh Korea Utara (Korut). Sebagaimana diketahui wacana Korut dan Korsel untuk berjuang bersama dalam ajang olahraga itu mendapat tentangan dari beberapa pihak.

Pemerintah Korsel menegaskan jika persatuan negara bersaudara itu justru akan membantu meredakan ketegangan akibat pengembangan nuklir Korut. Beberapa pihak yang melontarkan kritik adalah para politisi dari pihak oposisi dan warga sipil konservatif.

Bahkan beberapa pihak menyebut ajang olahraga itu dengan plesetan menjadi “Olimpiade Pyongyang”.

“Kita tahu satu bulan lalu ketegangan mencengkeram di wilayah Semenanjung Korea. Upaya penerintah untuk mengatasi krisis melalui dialog telah mendorong partisipasi Korut dalam olimpiade,” ujar Juru Bicara Gedung Biru, Park Soo-hyun.

Park menambahkan, pemerintah sangat menyayangkan sebutan Olimpiade Pyongyang di internet. Menurutnya sebutan ‘Olimpiade Perdamaian’ lebih tepat untuk menggambarkan kekompakan Korut-Korsel kali ini.

Sebagaimana diketahui, kedua Korea sebelumnya berencana membentuk tim hoki perempuan gabungan di bawah bendera yang bersatu. Hal ini kemudian langsung memancing kontroversi dari pihak Korsel. Sebelumnya, kedatangan delegasi Korut juga disambut oleh demonstrasi kecil yang menyatakan bahwa mereka menentang Olimpiade Pyongyang Kim Jong-un.

Pihak Gedung Biru menilai kritik yang dilontarkan itu memiliki tujuan lain.

“Ketika atlet Korut, pemandu sorak dan pejabat tingkat tinggi datang untuk menghadiri Asian Games pada 014, tidak ada yang menyebutnya ‘Asian Games Pyongyang. Kami yakin bahwa Olimpiade akan menjadi batu loncatan untuk membawa perdamaian ke semenanjung Korea, ke Asia Timur Laut dan dunia,” tegas Park.

(rav)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami