LifestyleLiputanTraveling

Pemkab Banyumas Tata Kawasan Wisata Baturaden

BTN iklan

PURWOKERTO, 23/3 (LEI) – Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, segera menata Kawasan Wisata Baturraden, sebagai upaya meningkatkan kunjungan ke destinasi tersebut.

“Penataan Kawasan Wisata Baturraden merupakan salah satu prioritas pengembangan pariwisata Banyumas pada tahun 2018,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Banyumas Asis Kusumandani di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat.

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya sedang menyiapkan rencana induk dan detail desain teknik (detail engineering design/DED) penataan Kawasan Wisata Baturraden, salah satunya berupa tempat parkir bertingkat.

Dia mengharapkan pembuatan tempat parkir bertingkat menjadi solusi terhadap permasalahan yang selama ini terjadi, yakni minimnya lahan parkir khususnya di Lokawisata Baturraden.

“Saat liburan akhir tahun atau saat lebaran, jumlah pengunjung Lokawisata Baturraden saja dalam sehari bisa mencapai 22.000 orang, itu belum termasuk wisatawan yang berkunjung ke objek wisata lainnya. Dengan demikian, dapat dibayangkan berapa jumlah kendaraan yang masuk ke Kawasan Wisata Baturraden,” katanya.

Selain itu, kata dia, Pemkab Banyumas bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga akan membuat jalan tembus dar Lokawisata Baturraden menuju Kebun Raya Baturraden dengan panjang sekitar dua kilometer.

Menurut dia, jalan tembus yang nantinya akan terhubung dengan jalan menuju Agrowisata Desa Serang dan Gua Lawa, Kabupaten Purbalingga, yang telah ada saat ini.

Dengan demikian, lanjut dia, keberadaan objek wisata yang ada di lereng Gunung Slamet, baik yang masuk wilayah Banyumas dan Purbalingga akan saling terintegrasi.

“Mudah-mudahan dengan adanya Tol Trans Jawa yang salah satu pintu keluarnya di Kabupaten Pemalang, akan memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke Baturraden tanpa harus memutar melalui kota Purbalingga karena bisa lewat jalur Gua Lawa dan Desa Serang. Makin banyak akses jalan tentukan akan memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata,” katanya.

Lebih lanjut, Asis mengatakan pihaknya juga akan mengusulkan perbaikan jalan yang menuju ke sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Banyumas demi kenyamanan dan keamanan wisatawan.

Menurut dia, ruas-ruas jalan yang rusak itu masih diinventarisasi oleh Dinporabudpar Banyumas untuk diusulkan ke Pemkab Banyumas melalui Dinas Pekerjaan Umum setempat.

“Kami juga sedang menyiapkan taman burung di Desa Karangcegak, Kecamatan Sumbang. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa terlaksana,” katanya.

Terkait dengan pengembangan desa wisata, dia mengatakan pihaknya dalam waktu dekat akan mengumpulkan seluruh pengelola desa wisata untuk diinventarisasi dan dibantu pengembangannya. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − 4 =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami