EkonomiLiputan

Pemkab Cilacap Segera salurkan Bantuan Sosial Beras

BTN iklan

Purwokerto, 19/1 (Antara) – Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, akan segera menyalurkan bantuan sosial berupa beras sejahtera untuk menekan harga bahan pangan itu yang kian melonjak, kata Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Cilacap Umar Said.

“Insya Allah pekan depan disalurkan. Kemarin sudah dikomunikasikan dengan Bulog dan rapat bareng, karena harga beras melambung tinggi sehingga beras sejahtera diperlukan sekali,” kata Umar ditemui usai menghadiri upacara serah terima jabatan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto di Ruang Kamandaka Hotel Aston Imperium Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat.

Ia mengatakan bansos rastra itu akan disalurkan sebanyak dua kali, yakni pada bulan Januari dan Februari karena mulai bulan Maret akan digantikan dengan bantuan pangan non-tunai (BPNT) senilai Rp110.000 per keluarga penerima manfaat (KPM).

Kendati demikian, dia mengatakan jika persiapan penyaluran BPNT belum selesai, bansos yang disalurkan masih berupa rastra.

“Jumlah penerima bansos rastra di Kabupaten Cilacap sebanyak 141.764 KPM,” katanya.

Saat ditemui dalam acara yang sama, Kepala Bulog Subdivisi Regional Banyumas Setio Wastono mengatakan, pihaknya siap menyalurkan bansos rastra atas permintaan pemerintah daerah.

“Saat ini, sudah ada dua kabupaten yang siap menyalurkan bansos rastra, yakni Cilacap dan Purbalingga,” katanya.

Ia mengatakan pada prinsipnya bansos beras sejahtera yang akan disalurkan sama seperti rastra pada tahun sebelumnya karena diambilkan dari cadangan beras pemerintah.

Akan tetapi, jumlah beras yang disalurkan berbeda dengan sebelumnya karena sekarang hanya sebanyak 10 kilogram per KPM dan tidak dipungut biaya penebusan alias diberikan secara gratis.

Sebelumnya, setiap KPM mendapat jatah rastra sebanyak 15 kilogram dengan biaya penebusan sebesar Rp1.600 per kilogram.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close