LiputanNasionalTekno

Pemkab Kulon Pgoro Bangun Jaringan Fiber Optik

BTN iklan

KULON PROGO, 28/4 (LEI) – Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam waktu dekat akan membangun jaringan kabel fiber optik ke 88 desa/keluruhan dalam rangka mendukung “smart city” dan mal pelayanan publik.

“Pembangunan sarana kabel fiber optik yang akan digelar di Kulon Progo ini karena menjadi salah satu infrastruktur yang sangat penting dalam mendukung peningkatan berbagai pelayanan kepada masyarakat,” kata Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo di Kulon Progo, Sabtu.

Rencananya pengembangunan jaringan fiber optik akan dikolaborasikan dengan program pemerintah kabupaten yang terkait dengan teknologi informatika (IT), seperti satu data, “smart city”, dan mal pelayanan publik.

Jaringan fiber optik akan dibangun PT Sufi. Perseroan terbatas ini sebagai investor yang spesifik bisa membangun data center di Kulon Progo, yang sangat langka dan hal sangat penting, menggelar fiber optik ke seluruh wilayah, menjadi “back bone” sistem informasi IT di Kulon Progo, di DIY, bahkan di Jawa Tengah bagian selatan.

Menurut dia, pembangunan fiber optik saat ini merupakan momentum yang tepat dan akan mendukung berbagai layanan, salah satunya dalam waktu dekat melakukan kerja sama dengan Taiwan agar antara puskesmas pembantu dan rumah sakit terjalin sistem “online” sehingga saat pasien dari puskesmas pembantu dirujuk ke rumah sakit, data pasien sudah tersedia di rumah sakit.

Terkait dengan desa, menurut dia juga penting karena akan “online” ke desa-desa ini juga mendukung perencanaan desa dan administrasi desa. Bahkan, mendukung bisnis “online” bagi para pelaku UMKM.

Ia menyampaikan terima kasih dan berbangga karena Kulon Progo menjadi “center”-nya IT yang untuk wilayah DIY dan Jawa Tengah bagian selatan.

“Sudah sepantasnya karena juga ada internasional airport di Kulon Progo. Oleh karena itu, selama 4 bulan ini menggelar fiber Optik ke 88 Desa, dan desa desa ‘always on’, tidak ada yang ‘oon’,” katanya.

Perwakilan PT Sumber Utama Fiber Indonesia (Sufi) Nur Bamadi berjanji memberi pelayanan yang optimal bagi masyarakat Kulon Progo, pemasangan fiber optik ini diperkirakan sekitar 4 bulan tergantung pada situasi di lapangan. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

3 Comments

  1. I will right away take hold of your rss feed as I can’t to find your e-mail subscription hyperlink or newsletter service.

    Do you’ve any? Kindly allow me recognise so that I could subscribe.

    Thanks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close