Ekonomi

Pemkot Padang Dorong Pengembangan Industri Kecil Menengah

BTN iklan

Padang, 23/12 (Antara) – Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumbar mendorong pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) melalui pembinaan pelaku usaha serta pemberian bantuan peralatan dan pengetahuan keterampilan.

“Beberapa waktu lalu puluhan IKM kami bantu untuk sertifikasi halal, label, pendaftaran merek dan bantuan peralatan,” kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, di Padang, Sabtu.

Melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian pada 21 Desember 2017 lalu telah diberikan mesin dan peralatan produksi bagi 17 Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Serta sebanyak 30 IKM juga dibantu untuk sertifikasi halal, 15 IKM desain label dan kemasan, serta 15 IKM pendaftaran merek.

Menurutnya mendorong pengembangan IKM menjadi hal penting karena peranannya menciptakan kesempatan kerja baru.

“Semakin banyak IKM yang tumbuh, semakin banyak lapangan kerja dan semakin kecil pengangguran,” ujarnya.

Bila dilihat secara keseluruhan untuk pembangunan ekonomi kata Mahyeldi, keberadaan IKM dan dunia usaha penting untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekaligus pembangunan ekonomi kota.

Setidaknya masyarakat tidak terpaku dalam harapan menjadi pegawai dan bekerja, namun membuka usaha dan memberikan lapangan kerja.

Hanya saja kata dia, permasalahan IKM yang dihadapi yakni kurangnya keterampilan, kurangnya permodalan, kesulitan dalam promosi produk usaha, serta kesulitan bahan baku.

“Permasalahan tersebut perlu diatasi dengan melalui program kemitraan yang saling membantu anatar IKM dengan pengusaha besar di dalam negeri maupun di luar negeri,” ujar dia.

Selain itu upaya dari kampus dan sekolah dengan membina mahasiswa dan siswa berwirausaha dapat menjadi salah satu faktor kemajuan IKM di masa depan.

Sementara itu Koordinator Kopertis wilayah X Prof Dr Herri mengatakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Industri Kecil Menengah perlu didorong kemajuannya oleh semua pihak.

Termasuk kampus kata guru besar manajemen tersebut, harus giat menggerakkan mahasiswa agar mau membuka usaha dan mengubah persepsi sudah lulus jadi pegawai.

Kampus penting dalam menciptakan wirausaha karena adanya modal pengetahuan, keterampilan dan sikap yang bisa dijadikan cikal bakal kemampuan berdaya saing.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close