Liputan

PEMKOT Pekalongan Tanam Ratusan Bibit Pohon

BTN iklan

PEKALONGAN, 23/3 (LEI) – Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, dalam rangka memperingati “Hari Strategi Konservasi se-Dunia” menanam 300 bibit pohon jenis ketapang laut, bakau, dan mangrove di pantai Pasir Kencana, Jumat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan, Purwanti di Pekalongan, Jumat, mengatakan bahwa dipilihnya bibit pohon jenis katapang laut, bakau, dan mangrove ini karena banyak memiliki fungsi seperti bentuk fisik, biologi, dan sosial ekonomi.

“Tanaman bakau dan mangrove itu mampu mengendalikan abrasi pantai, mengurangi tiupan angin kencang, dan terjangan gelombang air laut, mempercepat laju sedimentasi, mengendalikan intrusi air laut, menyerap, dan mengurangi polutan,” katanya.

Menurut dia, fungsi biologis pohon bakau dan mangrove sebagai tempat mencari makan, memijah, berkembang biak jenis ikan, uda,ng kerang, dan biota laut lainnya dan tempat bersarang berbagai satwa liar terutama burung.

Adapun fungsi sosial ekonomi, kata dia, adalah sebagai sebagai hasil hutan kayu dan lahan untuk kegiatan produksi pangan.

Wali Kota Pekalongan, Saelany Machfudz berharap penanaman pohon tersebut tidak hanya dilakukan secara seremonial saja melainkan harus ditindaklanjuti oleh masyarakat dan komunitas lingkungan untuk memenuhi target 30 persen ruang terbuka hijau di daerah itu.

“”Saat ini ruang terbuka hijau masih sekitar 18 persen. Oleh karena, kami berharap ke depan lebih banyak pohon lagi yang akan ditanam,” katanya.

Ia menambahkan untuk memenuhi pencapaian 30 persen ruang terbuka hijau, pemkot melanjutkan program penanaman dilakukan pada sejumlah titik rawan,” katanya. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami