Liputan

Pemrov DKI Sudah Bulat Terapkan Sistem Ganjil-Genap di Rasuna Said

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta sudah bulat akan menerapkan sistem ganjil-genap untuk kendaraan pribadi yang melintas di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan. Kebijakan tersebut dinilai mampu mengurangi volume kendaraan di Ibu Kota.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan, pihaknya sedang merumuskan jadwal uji coba dan sosialisasi terhadap masyarakat sebelum kebijakan sistem ganjil-genap tersebut betul-betul diterapkan.

“Penerapannya masih belum dilakukan, tetapi kalau rencana sosialisasinya mungkin dalam waktu dekat, sedang persiapan sekarang,” ungkap Bambang saat dilansir dari Okezone, Sabtu (19/8/2017).

Bambang menegaskan, selain mengurai kemacetan penerapan sistem ganji-genap untuk mempercepat pergeseran masyarakat dari menggunakan transportasi pribadi kepada angkutan umum sehingga volume kendaraan di Jakarta dapat dikurangi.

“Karena kalau menggunakan angkutan umum, space jalan yang dipakai akan sedikit, tidak seperti sekarang, satu orang satu mobil. Jadi lebih efisien dan lebih efektif,” jelasnya.

Bambang menjelaskan, saat ini masyarakat Indonesia khususnya Jakarta sudah kadung terbiasa dengan kendaraan pribadi sehingga apabila dibiarkan dan tidak segera diatasi maka masalah kemacetan akan terus terjadi.

“Jadi misinya itu, dampak jangka panjang perpindahan orang dari kendaraan pribadi ke angkutan umum. Otomatislah lama-lama kemacetan akan terurai,” pungkasnya. [okezone]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami