Hukum

Pemutaran Video Muktamar HTI di MK, Mendagri: Diizinkan MK

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Mendagri Tjahjo Kumolo menyatakan pemutaran video muktamar Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di ruang sidang seizin Mahkamah Konstitusi (MK). Tjahjo tidak mau berpolemik atas protes Yusril Ihza Mahendra.

Apalagi dalam video tersebut sejalan dengan keterangan pemerintah terkait judicial review Perppu Ormas. Sehingga hal tersebut tidak dapat dipisahkan sebagai bukti keterangan.

“Itu kan sudah kita mintakan izin (ke majelis), bahwa video dengan apa yang saya bacakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan sebagai bukti keterangan,” ujar Tjahjo usai persidangan di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (30/8/2017).

Tjahjo juga menyangkal bila dirinya ingin melakukan propaganda dengan menayangkan video muktamar HTI. Dia menyebut tidak ada tujuan apa-apa dari pemutaran video.

“Ya nggak ada tujuannya,” ucapnya singkat.

Sebab terdapat relevansi antara video muktamar HTI di Gelora Bung Karno dengan penerbitan Perppu 2/2017 tentang Ormas.

“Jadi membuat Perppu itu tidak semata-mata satu hari selesai, proses cukup yang panjang,” tutur Tjahjo.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly. Menurutnya, video muktamar HTI tersebut menjadi bukti dan fakta yang tidak dapat dipisahkan mengapa sampai akhirnya pemerintah mengeluarkan Perppu Ormas dan membubarkan HTI.

“Cari bukti dan fakta sehingga kita sampai pada satu kesimpulan. Jadi ini bukan ujuk-ujuk (tahu-tahu) tapi prosesnya panjang. Kalau ini dibiarkan apa konsekuensinya kepada negara,” ujar Yasonna di lokasi yang sama.

Saat ditanya apakah mereka berdua yakin MK akan menolak gugatan para pemohon Perppu Ormas, Yasonna hanya tertawa, sementara Tjahjo menyerahkan hal tersebut pada hakim

Dalam cuplikan video yang diputar, terlihat orasi pengurus HTI, yang menyerukan:

Tinggalkan seluruh hukum dan sistem jahiliah dan tegakkan syariat Islam saja. Kedua, ubah kekuasaan yang sekarang ini berada di tangan pemilik modal menjadi di tangan kita, di tangan umat. Arahan perubahan ketiga, hancurkan sekat-sekat nasionalisme yang memecah belah kita semua. [detikcom]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close