Penataan Regulasi Menjadi Prioritas Prolegnas 2018 – Legal Era Indonesia
Regulasi

Penataan Regulasi Menjadi Prioritas Prolegnas 2018

Bagikan ke:

Jember, LEI – Direktur Jenderal Peraturan Perundangan (PP) Kementerian Hukum dan HAM, Widodo Eka Tjahjana, mengatakan pihaknya sudah memasukkan perubahan Undang Undang 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan pada Prolegnas 2018.

“Soal perkembangan penataan reformasi regulasi, kami sudah memasukkan perubahan UU 12/2011 pada prolegnas prioritas tahun 2018,” kata Eka usai penutupan Konferensi Nasional Hukum Tata Negara Keempat (KNHTN4) di Jember, Jawa Timur, pada Senin.

Namun Eka mengatakan pihaknya membutuhkan bantuan para pakar dan akademisi hukum tata negara untuk mendorong perubahan undang-undang tersebut, karena menurutnya kerja DPR tampaknya akan terhambat pada 2018 mengingat tahun itu adalah tahun politik.

“Ini harus cepat sehingga rekomendasi dapat dirangkum dan jadi pegangan kita dalam mengatur politik hukum pembentukan UU yang ada di Indonesia,” ujar Eka.

Selain itu pemerintah dikatakan Eka juga akan mendorong perubahan Peraturan Presiden Nomor 77 Tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan UU 12/21011, karena peraturan ini dinilai pemerintah sebagai pintu masuk penataan regulasi di Indonesia.

Karena menurut Eka walaupun di Prolegnas perubahan UU 12 Tahun 2011 menjadi prioritas, tapi belum tentu bisa cepat terealisasi pada 2018.

“Tapi kami nanti ikhtiarkan dan mohon dorongan, agar reformasi penataan regulasi ini bisa berjalan sesuai harapan kita semua,” ujar Eka.

Lebih lanjut Eka mengungkapkan kesulitan yang dihadapi kementerian saat ini adalah persoalan ego sektoral dalam pembuatan peraturan.

Menurutnya banyak argumentasi yang sengaja dibangun dan direkonstruksi namun tidak masuk akal serta tidak mencerminkan arahan presiden.

“Ini yang perlu diharapkan kondensasi memberikan pikiran obyektif sehingga membantu pemerintah utamanya program yang diinginkan presiden terkait agenda reformasi birokrasi bisa berjalan sesuai jalurnya dan mendapat percepatan,” ujar Eka.Budi Suyanto

iklan btn

Click to comment

Komentar Anda...

To Top