Penataan Regulasi Sudah Lama Didiskusikan – Legal Era Indonesia
Regulasi

Penataan Regulasi Sudah Lama Didiskusikan

hukum
Bagikan ke:

Jember, LEI- Direktur Jenderal Peraturan Perundangan (PP) Kementerian Hukum dan HAM, Widodo Eka Tjahjana, mengatakan diskusi penataan regulasi sudah dibicarakan sejak akhir tahun 2015.

“Diskusi penataan regulasi sudah lama dibicarakan bersama Prof Mahfud (Mahfud MD) dan teman-teman lainnya,” ujar Eka usai penutupan Konferensi Nasional Hukum Tata Negara (KNHTN) Keempat di Jember, Jawa Timur, pada Senin.

Konferensi ini menghasilkan tiga rekomendasi terkait penataan regulasi di Indonesia, yang dinilai oleh banyak pakar mengalami “obesitas”, sehingga terjadi tumpang tindih peraturan.

“Mudah-mudahan apa yang sudah direkomendasikan mungkin akan dideseminasi,” kata Eka.

Eka mengungkapkan kesulitan yang dihadapi kementerian saat ini adalah persoalan ego sektoral dalam pembuatan peraturan.

Menurutnya banyak argumentasi yang sengaja dibangun dan direkonstruksi namun tidak masuk akal serta tidak mencerminkan arahan presiden.

“Ini yang perlu diharapkan kondensasi memberikan pikiran obyektif sehingga membantu pemerintah utamanya program yang diinginkan presiden terkait agenda reformasi birokrasi bisa berjalan sesuai jalurnya dan mendapat percepatan,” ujar Eka.

Lebih lanjut Eka mengatakan bahwa Kementerian Hukum dan Ham sudah melakukan “expert meeting” sebanyak lima kali dan mengundang para ahli hukum terkait permasalahan ini.

Kendati demikian usaha yang dilakukan belum dapat dilaksanakan secara optimal, jelas Eka.

“Pak Menteri (Yasonna H. Laoly) memiliki harapan besar, bahwa apa yang sudah dihasilkan (rekomendasi KNHTN 4) dapat mendorong presiden dan kabinet untuk kembali fokus dalam penataan regulasi,” kata Eka.Budi Suyanto

iklan btn

Click to comment

Komentar Anda...

To Top