LiputanNasional

Peneliti: Gempa di Indonesia Dalam Kondisi “Terbangun”

BTN iklan

Jakarta/Lei-  Peneliti dan pakar geologi dari Brigham Young University, Amerika Serikat, Profesor Ron Harris mengatakan siklus gempa di Indonesia saat ini dalam fase “terbangun dari tidur”.

Harris dalam diskusi terkait mitigasi bencana gempa bumi di Badan Metorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jakarta, Jumat, mengatakan saat ini siklus gempa di Indonesia berpotensi memunculkan banyak gempa, atau fase “bangun”, setelah sedikit sekali terjadi gempa atau fase “tidur”.

Harris menjabarkan pola gempa yang terjadi berdasarkan catatan sejarah mulai dari fase tidur sejak 1900, kemudian fase bangun pada 1920, dan tertidur lagi pada 1940, terbangun pada 1960, tertidur kembali pada 1980, dan mulai dalam fase bangun kembali pada 2000. Harris yang telah melakukan banyak penelitian tentang tsunami di Indonesia tersebut menerangkan bahwa fase “bangun” gempa bumi di Indonesia saat ini diawali dengan gempa bumi berkekuatan 9,2 skala richter yang menyebabkan tsunami di Aceh pada 2004.

Berdasarkan catatan sejarah gempa bumi dan tsunami di Indonesia, Harris mengatakan tidak ada gempa bumi besar setelah 111 tahun terjadi letusan Gunung Krakatau pada 1883. Yang kemudian terjadi gempa bumi dan tsunami pada 1994 di Banyuwangi.

“Tidak ada gempa bumi besar yang terjadi selama 111 tahun setelah Krakatau. Orang Indonesia hidup dalam masa tanpa aktivitas gempa bumi dan tsunami,” kata dia.

Namun saat ini, setelah dimulainya fase “terbangun” yang diawali dengan gempa Aceh pada 2004, Harris menjabarkan mulai bermunculan gempa-gempa berkekuatan besar.

Gempa-gempa tersebut ialah gempa di Pulau Nias pada 2005, gempa Yogyakarta pada 2006, dan gempa yang disertai tsunami di Pangandaran, Jawa Barat, 2006, kemudian dilanjutkan gempa di Sumatera Barat pada 2007, siklus letusan 100 tahun Gunung Merapi di Yogyakarta pada 2010, dan gempa berkekuatan 8,6 skala richter di Aceh pada 2012.

Berdasarkan pola “tidur-bangun” gempa bumi di Indonesia, Harris memprediksikan masih akan ada gempa-gempa besar pada masa gempa bumi aktif saat ini. “Kenapa polanya seperti ini? Saya tidak tahu,” kata dia.

Perlihatkan Lebih

115 Komentar

  1. スーパーコピー時計優良店のNOOB製偽物ブランド時計コピーN級品通販『iwatchla.net』

    スーパーコピー時計激安通販優良店『www.iwatchla.net』,プロの偽物ブランド時計コピー製造先駆者,商品は全て最高な材料優れた技術で造られて。NOOB製スーパーコピー時計は本物ブランド時計に負けない!商品日本国内佐川急便配送!2~4日間程度お届け可能となります。
    スーパーコピー時計 信頼老舗
    コピー時計 優良店
    スーパーコピー ブランド

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami