Liputan

Pengadilan California Beri Kesempatan Starbucks dan Puluhan Gerai Kopi untuk Banding

BTN iklan

Jakarta, LEI – Pengadilan Tinggi Pengadilan California, Elihu Berle, mempersilakan Starbucks, Dunkin’ Donuts, McDonald’s, dan  sekitar 90 perusahaan kopi lainnya untuk mengajukan banding  untuk mengajukan banding hingga 10 April mendatang.

Pengadilan mempersilakan hampir seratusan perusahaan kopi itu mengajukan banding jika tidak puas dengan putusan pengadilan yakni harus mematuhi undang-undang negara bagian California dan memasang label peringatan kanker pada produk mereka.

“Starbucks dan sekitar 90 penjual kopi lainnya telah gagal memperingatkan pelanggan tentang senyawa berpotensi beracun yang dihasilkan selama proses roasting,” demikian dikutip dari laman BBC, Selasa (3/4/2018).

Putusan tersebut berawal dari tuntutan dari kelompok nirlaba berbasis di California atas acrylamide kimia. Kelompok ini berpendapat, bahwa sebagai akrilamida dianggap sebagai karsinogenik di bawah hukum negara, sehinggar penjualannya harus mencantumkan peringatan.

Keputusan yang mendukung Dewan Pendidikan dan Penelitian tentang Racun, Hakim Pengadilan Tinggi Elihu Berle mengatakan, perusahaan-perusahaan tidak boleh dibebaskan dari hukum, karena mereka telah gagal membuktikan bahwa “konsumsi kopi memberi manfaat bagi kesehatan manusia”.

Acrylamide terbentuk ketika makanan berpati dipanggang atau digoreng untuk waktu yang lama pada suhu tinggi.
Studi pada hewan menemukan bahwa ini bisa menjadi penyebab tumor. “Ini menunjukkan bahwa juga berpotensi menyebabkan kanker pada manusia,” ujarnya.

Para ilmuwan percaya bahwa harus ada margin paparan 10.000 atau lebih tinggi antara asupan acrylamide rata-rata orang dewasa dan dosis terendah yang dapat menyebabkan efek buruk.

Tapi saat ini, jumlahnya 425 untuk rata-rata orang dewasa dan 50 untuk balita yang mengonsumsi paling tinggi, membuatnya sedikit perhatin soal kesehatan masyarakat Inggris dan para ahli keamanan pangan Eropa mengatakan, pernyataan dari National Coffee Association (NCA) mengatakan industri sedang mempertimbangkan banding.

“Label peringatan kanker pada kopi akan menyesatkan. Pedoman diet Pemerintah AS sendiri menyatakan bahwa kopi dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat,” ujarnya.

Gugatan itu diajukan pada tahun 2010 dan mengatakan penjual kopi harus membayar denda hingga $ 2.500 (£ 1.800) untuk setiap orang terkena acrylamide di California sejak tahun 2002,” kata

Fase berikutnya dari persidangan akan menentukan hukuman yang tepat, tetapi beberapa perusahaan dilaporkan setuju untuk menyelesaikan dan mengirim peringatan tentang bahan kimia.

Keputusan itu muncul meski ada sedikit kekhawatiran baru-baru ini tentang dampak kesehatan yang potensial dari kopi, yang telah dihapus dari daftar kemungkinan karsinogen oleh World Heath Organization PBB pada 2016.

Tahun lalu, sebuah penelitian terhadap hampir setengah juta orang dari 10 negara Eropa menemukan bahwa minum tiga cangkir kopi sehari dapat memiliki manfaat kesehatan.
Namun para ahli skeptis mengatakan tidak mungkin untuk mengatakan dengan pasti bahwa kopi itu memiliki efek perlindungan.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami