Internasional

Pengadilan Turki Bebaskan Warga inggris dengan jaminan

BTN iklan

Istanbul, (Lei) – Pengadilan Turki telah membebaskan seorang warga Inggris, yang menghadapi tuduhan bergabung dengan sebuah organisasi teroris, dengan jaminan, menurut kantor berita Turki Ihlas, Jumat.

Joseph Robinson, seorang mantan tentara Inggris, dituduh bertempur bersama milisi YPG Kurdi Suriah. Dia ditangkap pada Juli saat berlibur di kota Didim, Turki barat daya, kata Ihlas.

Robinson membantah tuduhan tersebut dan mengatakan dalam pembelaannya pada sebuah persidangan awal bahwa dia pergi ke Suriah untuk membantu memberikan bantuan medis kepada korban perang sipil di sana, Ihlas mengatakan.

Turki menganggap YPG (Unit Perlindungan Rakyat) sebagai perpanjangan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang telah melakukan pemberontakan tiga dekade di tenggara Turki dan ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa serta Turki.

Robinson terancam hukuman penjara hingga 10 tahun jika terbukti bersalah, kata media setempat.

Tunangannya yang berasal dari Bulgaria, yang dituduh melakukan propaganda teroris dalam kasus yang sama, dibebaskan sebelum dimulainya persidangan namun dijatuhi larangan bepergian.

Persidangan berikutnya dalam kasus ini ditetapkan pada 12 Maret.

Sebelumnya, Perdana Menteri Turki Binali Yildirim pada Selasa (13/11) mengecam AS karena mendukung kesepakatan yang diduga dicapai antara Unit Perlindungan Rakyat (YPG) dan IS di Ar-Raqqah di Suriah.

Yildirim menggaris-bawahi bahwa Turki telah berulangkali memperingatkan AS “agar tidak bekerjasama dengan kelompok teror guna memerangi kelompok teror lain”, demikian laporan Xinhua. Ia mengatakan itu tidak pantas buat semua negara.

Pasukan Demokratik Suriah (SDF), yang didukung AS dan didominasi oleh anggota cabang kelompok Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Suriah –Partai Uni Demokratik (PYD) dan sayap bersenjatanya, YPG, mengumumkan pembebasan Ar-Raqqah, yang pernah menjadi “Ibu Kota” IS pada 17 Oktober.

Satu laporan BBC pada Senin mengatakan satu kesepakatan rahasia antara SDF dan IS membantu ribuan petempur Suriah dan asing serta keluarga mereka menyelamatkan diri dari Ar-Raqqah dengan membawa senjata dan amunisi mereka.

Menurut laporan tersebut, rombongan pengungsian itu terdiri atas hampir 50 truk dan 13 bus, selain lebih dari 100 kendaraan milik petempur IS. Sepuluh truk berisi senjata dan amunisi.

Juru bicara Pentagon pada Senin mengatakan kesepakatan tersebut adalah bagian dari “penyelesaian lokal bagi masalah lokal” dan Washington “menghormatinya”. (Antara/Reuters)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami