Hukum

Pengamanan Kotawaringin Kalteng Diperketat

BTN iklan
    Sampit, Kalteng, Lei, Ant – Pengamanan Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, makin diperketat untuk mencegah masuknya teroris dan kelompok yang bisa mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah ini.

“Kejadian seperti di Medan dan Jakarta, jangan sampai terjadi di Kotawaringin Timur. Makanya pengamanan ditingkatkan oleh tim gabungan Polres Kotawaringin Timur, Brimob dan TNI,” kata Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Muchtar Supiandi Siregar di Sampit, Minggu.

Aksi teror yang kembali terjadi di beberapa daerah membuat aparat penegak hukum bersiaga, termasuk di Kotawaringin Timur. Pencegahan dilakukan agar kejadian yang bisa meresahkan masyarakat itu tidak sampai terjadi di daerah ini.

Salah satu upaya yang dilakukan aparat berwenang adalah razia skala besar seperti pada Sabtu (1/7) malam. Puluhan personel dari Polres Kotawaringin Timur, Brimob Detasemen B Pelopor Polda Kalimantan Tengah serta Kodim 1015 Sampit, dikerahkan di sejumlah titik lokasi.

Personel bersenjata lengkap memeriksa setiap mobil dan pengendara yang masuk dan ke luar kota Sampit. Selain memeriksa kartu identitas diri dan kelengkapan surat kendaraan, petugas juga memeriksa kendaraan serta barang-barang yang ada di dalam mobil untuk mencari barang berbahaya dan narkoba.

Masyarakat sempat kaget ketika mengetahui ada pemeriksaan. Namun mereka dengan kooperatif mempersilakan petugas memeriksa kendaraan mereka karena menyadari kegiatan ini bertujuan untuk keamanan semua pihak.

Peningkatan keamanan ini sangat wajar karena Kotawaringin Timur merupakan daerah yang sangat terbuka. Kabupaten yang memiliki 17 kecamatan ini sangat mudah diakses melalui jalur darat, sungai, laut dan udara sehingga membutuhkan kerja keras dan ketelitian petugas untuk mencegah masuknya teroris ke wilayah ini.

“Patroli dan razia juga dilakukan di jajaran Polsek. Yang penting di Kotawaringin Timur ini tidak masuk paham-paham atau kejadian-kejadian yang tidak diinginkan,” kata Muchtar.

Keterlibatan masyarakat sangat penting untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Masyarakat diminta segera melaporkan jika mengetahui ada orang atau kelompok tertentu yang mencurigakan sehingga bisa segera diselidiki dan ditangani.

Muchtar juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kerukunan, kebersamaan dan saling peduli sehingga bisa bersama-sama menangkal masuknya hal-hal negatif dari luar. Suasana Kotawaringin Timur yang kondusif harus terus dijaga bersama oleh aparat keamanan dan masyarakat.


 

 

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close