HEADLINESHukumMahkamah Agung

PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN DAN PELANTIKAN KETUA PENGADILAN TINGKAT BANDING DAN KEPALA BADAN PENGAWASAN MA RI

BTN iklan

LEI, Jakarta– Ketua Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia (RI), Dr. H. M. Syariffudin, S.H., M.H. melantik Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Kepala Badan Pengawasan, Senin (28/9/2020) di Gedung MA, Jalan Medan Merdeka Utara No. 9-13, Jakarta.
Pejabat yang diambil sumpahnya dan dilantik ialah, Kepala Badan Pengawasan, H. Dwiarso Budi Santiarto, S.H., M.Hum., Ketua Pengadilan Tinggi Kendari, H. Achmad Setyo Pudjoharsoyo, S.H., M.Hum., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi, Drs. H. Pelmizar, M.H.I, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu, Drs. H.R.M. Zaini, S.H., M.H.I., dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kendari, Drs. H.A. Muzakki, M.H.

diambil dar web MA

Ketua majelis yang mengadili Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Dwiarso Budi Santiarto, akan dilantik menjadi Kepala Badan Pengawas (Bawas) Mahkamah Agung (MA). Dengan jabatan itu, Pak Budi–demikian ia biasa disapa–akan bertugas mengawasi hakim seluruh Indonesia.
“Ya benar. Sudah turun Keppres-nya. Pak Budi dilantik juga jadi Kabawas,” kata juru bicara MA, hakim agung Andi Samsan Nganro, saat dikonfirmasi LEI.
Sebagaimana diketahui, Budi saat menjadi Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjadi ketua majelis perkara Ahok. Setelah itu, MA mempromosikan Budi menjadi hakim tinggi pada PT Denpasar. MA menyatakan promosi Dwiarso Budi melalui seleksi promosi yang sudah berjalan 3 bulan sebelumnya.

Selain itu, MA menyatakan promosi Dwiarso sesuai prosedur seleksi promosi oleh Tim Promosi dan Mutasi MA. Seleksi itu melalui penelusuran rekam jejak, wawancara, ujian tertulis, dan meminta masukan dari Badan Pengawas MA.
“Seleksinya 3-4 bulan. Tidak dalam waktu satu dan dua hari. Jadi kebetulan saja waktunya (dengan putusan Ahok, red),” kata Kabiro Hukum dan Humas MA Ridwan Mansyur kala itu.

Setelah itu, Budi ditarik ke MA menjadi tim pengawas di Bawas MA.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai Ketua Pengadilan Tingkat Banding dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti pada nusa bangsa”, ucap keempat Ketua Pengadilan Tingkat Banding di hadapan Ketua Mahkamah Agung.

Dalam sambutannya, Dr. H. M. Syariffudin, S.H., M.H., menyampaikan harapannya kepada keempat Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Kepala Badan Pengawasan agar menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan menjaga kesehatan selama pandemi Covid-19. Ketua MA juga menghimbau agar selalu mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak (physical distancing), dan mencuci tangan.
Acara pengambilan sumpah dan pelantikan dihadiri juga oleh Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial, para Ketua Kamar MA, Plt Sekretaris MA, para pejabat Eselon 1, dan Ketua Umum Dharmayukti Karini.

 

Kontributor: Dwitya Yonathan Nugraharditama

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami