EkonomiFinansial

Pengumpulan Dana Zakat Tahun Ini Lebih Banyak Ketimbang 2018

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mencatatkan pengumpulan dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS) sebesar Rp 73,85 miliar selama Ramadan 1440 Hijriah.

Jumlah tersebut meningkat 39,3 persen dari Ramadan tahun lalu sebesar Rp 53 miliar.

Menurut perhitungan Baznas, pengumpulan di bulan Ramadan meningkat 405 persen dibanding pengumpulan yang sama di bulan-bulan lainnya sepanjang tahun yang rata-rata Rp 18 miliar per bulan.

Direktur Utama Baznas M. Arifin Purwakananta mengatakan, peningkatan pengumpulan zakat Baznas ini juga dirasakan Baznas provinsi dan Baznas kabupaten/kota dalam persentase yang berbeda.

Pencapaian itu didapat dari empat strategi kanal. Yakni 42 persen dari pengumpulan ZIS ritel, 25 persen dari unit pengumpul zakat, 15 persen zakat perusahaan dan csr, serta 18 persen zakat digital.

“Peningkatan pembayaran zakat melalui kanal digital Ramadan ini naik tajam, yakni sebesar 180 persen,” katanya.

Arifin menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Indonesia atas kepercayaannya kepada Baznas yang meningkat dari tahun ke tahun.

Dia menyebutkan, Baznas dalam tiga tahun terakhir gencar mengampanyekan kerja-kerja dan mendorong transparansi ke masyarakat atas pengelolaan dana Baznas.

Salah satu terobosan adalah kanal zakat digital yang diluncurkan 2016.

“Ini bagian dari komitmen yang kuat dari Baznas untuk terus mendorong dan memasyarakatkan budaya zakat kepada masyarakat,” lanjut Arifin.

Pencapaian peningkatan kepercayaan kepada Baznas ini, kata Arifin, didorong gencarnya kampanye zakat yang diselenggarakan Baznas.

Selain media cetak dan elektronik, Baznas telah memanfaatkan media kampanye baru berupa media sosial fintech sebagai bagian kampanye kreatif zakat. [Jawapos]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight − eight =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami