Internasional

Pengunjuk Rasa Argenntina Maldonado Tewas Akibat Tengggelam

BTN iklan

Buenos Aires, 25/11 (Antara/Reuters) – Seorang pegiat, yang hilang di Argentina selatan pada Agustus dan menyita perhatian negara tersebut pada beberapa bulan sebelum pemilihan umum antar-waktu, meninggal karena tenggelam dan hipotermia, kata hakim, yang menyelidiki perkara tersebut pada Jumat.

Santiago Maldonado hilang sejak 1 Agustus. Ia menghadiri unjuk rasa hak atas tanah adat di Patagonia pada hari itu. Mayatnya ditemukan pada 17 Oktober di sungai di dekatnya.

Hakim Federal Guillermo Gustavo Lleral mengatakan kepada wartawan di luar kamar mayat bahwa bedah mayat menunjukkan penyebab kematian Maldonado ialah tenggelam dan hipotermia dan tubuhnya berada di sungai Chubut setidak-tidaknya 55 hari.

Beberapa oposisi pemerintah dan kelompok hak asasi manusia mengatakan bahwa pasukan keamanan negara membawa Maldonado, pengrajin berusia 28 tahun, setelah polisi dilaporkan bentrok dengan warga Indian Mapuche, yang mendaku wilayah di seluruh selatan Argentina dan Cile.

Tuduhan kelompok tersebut bahwa pemerintah Presiden Mauricio Macri menutupi keberadaan Maldonado, yang membayangi pemilihan kongres jangka menengah pada 22 Oktober. Pemerintah Macri mengatakan bahwa tidak ada bukti bahwa pasukan keamanan telah menahan Maldonado.

Pada Jumat, saudara laki-laki Maldonado mengatakan akan terus mendesak penyelidikan. “Itu penyebab kematiannya, tapi kita masih belum tahu yang terjadi,” kata Sergio Maldonado seusai bertemu dengan Lleral.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami