Opini

Peningkatan Volume Sampah di Jakarta

BTN iklan

LEI, Jakarta- DKI Jakarta adalah Provinsi penyumbang sampah Terbesar di Indonesia terutama. Selama masa pandemi dan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) terjadi tren penurunan sampah yang dihasilkan di DKI Jakarta meski komposisi sampah plastik meningkat, kata Kepala dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta H Andono Warihm.
Ada tiga periode penting dalam masa penanganan Covid-19 di Ibukota, yaitu dimulainya seruan beraktivitas dirumah oleh Pemprov DKI Jakarta pada PSBB gelombang 2 ini.

“Dari ketiga milestone itu kita melihat jumlah sampahnya berkurang”, Kata Andono dalam diskusi online yang diadakan Greenpeace Indonesia di Jakarta pada Sabtu.

Dilihat dari data penimbangan sampah di TPS Bantar gebang Jakarta dengan total 31.815 tonase, dari Jakarta Timur, Barat Pusat Utara dan Selatan. Dari data tersebut diambil kesimpulan selama periode tindakakn pembuangan sampah dan pemunpukan sampah sangat meningkat.

Tidak hanya itu, dalam survei singkat pada masa PSBB yang dilakukan pemprov DKI Jakarta di beberapa tempat penampungan sementara menunjukan komposisi plastik meningkat menjadi 21% dari total sampah dibandingkan komposisi pada 2018 sebesar 15%

 

Kontributor: Dwitya Yoathan Nugraharditama

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami