Politik

Peran Perempuan Kepri Dalam Politik Hanya 17 Persen

BTN iklan

Tanjungpinang, LEI – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kepulauan Riau menyatakan peran perempuan dalam berpolitik dan mengisi jabatan publik masih 17 persen.

“Undang-Undang menargetkan 30 persen, tetapi sekarang mencapai 17 di Kepri,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kepri, Misni, di Tanjungpinang, Senin.

Misni menambahkan, pembangunan gender di Kepri berdasarkan data tahun 2016 yang dipublikasikan pada tahun 2017 menurun sedikit yakni dari 93, 22 persen menjadi 93,12 persen.

“Tahun 2019 kami minta dilakukan kajian secara mendalam sebagai pondasi dalam perencanaan pembangunan gender,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk tujuh kabupaten dan kota di Kepri, perempuan yang paling banyak menjadi anggota legislatif dan pejabat publik berada di Tanjungpinang. Jumlah perempuan yang menjadi anggota legislatif dan menjadi pejabat publik lebih dari 20 persen.

Sementara Batam dan Bintan menempati urutan kedua dan ketiga. Sedangkan jumlah perempuan yang menjadi anggota legislatif dan pejabat publik di Karimun, Lingga, Kepulauan Anambas dan Natuna masih hanya satu atau dua orang.

“Tanjungpinang, Batam dan Bintan lebih menonjol, meski belum mencapai 30 persen dari yang ditargetkan,” ucapnya.

Mismi mengemukakan, banyak faktor yang menyebabkan perempuan pada satu daerah dapat berdiri sejajar dengan laki-laki dalam mengisi jabatan publik maupun DPRD. Namun faktor yang paling menonjol adalah kondisi keluarga, perekonomian, usia dan pendidikan.

“Dorongab keluarga sangat kuat bagi perempuan untuk menjadi pejabat publik,” katanya.

Sampai saat ini, lanjutnya baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah belum memiliki alat untuk mengukur pembangunan gender dari aspek kualitas. Karena itu, pembangunan gender diukur dari kuantitas.

“Bukan berarti dua orang calon wakil Wali Kota Tanjungpinang menunjukkan perempuan di ibu kota Kepri ini meningkat,” katanya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami