Perang Fans Melawan Ketamakan EA di Star Wars Battlefront II Dimulai! – Legal Era Indonesia
Internasional

Perang Fans Melawan Ketamakan EA di Star Wars Battlefront II Dimulai!

Bagikan ke:

Bagi sebagian besar gamer di tanah air, apalagi mereka yang tidak terlalu aktif di forum gaming luar terutama Reddit, bulan November 2017 adalah bulan yang menyenangkan untuk gaming. Setelah disuguhkan dengan begitu banyak game AAA keren di bulan Oktober kemarin, ada beberapa judul yang memang masih pantas dinantikan, salah satunya merupakan game shooter terbaru racikan EA dan DICE – Star Wars Battlefront II. Kritik memang sempat mengemuka setelah sistem di masa open-beta menimbulkan kekhawatiran Pay to Win. EA di kala itu berjanji akan membenahinya di versi final untuk memastikan pengalaman bermain yang lebih solid. Namun apa yang terjadi? EA ternyata berbohong.

Yang ditemukan gamer di sesi Early Access ternyata lebih menyeramkan dari apa yang dibayangkan. Seolah semua ketamakan EA, yang bahkan sempat kami kritisi di Need for Speed Payback, tercurahkan di Star Wars Battlefront II. Walaupun hadir tanpa ada lagi Season Pass / DLC berbayar, mereka kini mengganti sistem progression player di balik mekanisme yang membutuhkan proses grinding, grinding, dan grinding. Mereka bahkan membuat Anda harus “membeli” Hero untuk digunakan lewat mata uang in-game yang harus dikumpulkan. Begitu absurdnya, hingga laporan awal menyebut bahwa Anda membutuhkan setidaknya 40 jam gameplay hanya untuk membayar dan membeli Darth Vader untuk digunakan. Sepertinya jelas, bahwa EA berupaya membangun game ini dengan satu pikiran – mendorong penjualan Lootbox dengan uang nyata.

Berita baiknya? Para fans tidak tinggal diam. Salah satu sub Reddit yang berfokus di game ini – r/StarWarsBattlefront langsung aktif menyuarakan kritik mereka terhadap sistem seperti ini. Apalagi dengan sistem Star Card baru yang bisa disederhanakan sebagai kartu buff untuk karakter yang ada, bisa dibeli begitu saja dengan menggunakan uang nyata, memperkuat konsep Pay to Win yang diusung. Kritik yang terus mengalir dan meminta EA untuk mengubah sistem ini mulai mendapatkan dukungan, lewat beragam laporan dari media gaming dan sub-Reddit yang lain. Melihat ancaman terhadap potensi penjualan di hari rilis, EA pun angkat bicara.

Lewat akun resmi mereka – “EACommunityTeam”, EA membela diri. Mereka menyebut bahwa proses grinding di Star Wars Battlefront II ini ditujukan untuk menghasilkan rasa kebanggaan dan pencapaian bagi gamer saat membuka setiap hero yang ada. Namun gamer sepertinaya tidak lagi akan “menelan” omong-kosong EA tersebut. Hanya dalam waktu singkat, pembelaan resmi di Reddit ini langsung mendapatkan downvote alias “dislike” dalam jumlah yang masif. Tidak main-main, komentar ini kini dihujani dengan lebih dari 566.000 downvote saat berita ini ditulis, angka downvote tertinggi yang pernah dicapai dalam sejarah eksistensi Reddit.

Terkesan untuk mendorong penjualan lootbox dengan kekhawatiran Pay to Win, fans mulai menyuarakan keras kritik mereka pada ketamakan EA untuk SWBF II.

Dengan kritik seperti ini, EA berusaha menyelamatkan muka mereka sendiri. Lewat pernyataan resmi terbaru, mereka memastikan akan memotong 75% dari total “biaya” yang diperlukan untuk membuka setiap Hero yang ada. Mereka berharap bahwa hal ini akan menyelesaikan semua masalah yang dikeluhkan komunitas. Namun fans pun tetap tidak bergeming. Bahwa keluhan mereka soal sistem lootbox dan soal progression dengan sistem Star Cards tidak mendapatkan perubahan apapun dari EA. Hasilnya? Seruan untuk melakukan boikot untuk produk EA dan pembatalan proses pre-order untuk Star Wars Battlefront II pun terus bergema! Bahkan, beberapa user kini dengan bangga memperlihatkan proses pembatalan PO mereka untuk memberikan pelajaran pada EA.

Hingga saat ini, “perang” antara keduanya masih terus berlangsung. Fans sendiri tetap bersikukuh tidak akan berhenti menyerukan rasa keberatan mereka hingga EA mengubah sistem progressin Star Wars Battlefront II secara total. Sementara di sisi lain, terlihat tidak ingin banyak berubah, EA berusaha untuk memperbaiki citra mereka lewat langka-langkah standar PR, termasuk menyelenggarakan AMA nantinya.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Berapa banyak dari Anda yang sudah membatalkan proses PO Star Wars Battlefront II setelah mendengar atau membaca sistem yang diusung game racikan EA dan DICE ini?

iklan btn

Click to comment

Komentar Anda...

To Top