Nasional

Pergelaran Budaya Nusantara Semarakan HPN 2018

BTN iklan

Padang, LEI – Pergelaran budaya nusantara yang diselenggarakan RRI Padang, Sumatera Barat ikut menyemarakkan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018.

“Budaya adalah jati diri bangsa yang tidak boleh dilupakan, melalui momen HPN ini kami ingin menyentuh ingatan itu lagi,” kata Direktur Utama RRI M. Rohanudin di Padang, Selasa (6/2) malam.

Sebagai upaya pelestarian budaya, katanya, RRI melakukannya melalui kanal Pro4 yang khusus menyiarkan keberadaan ragam budaya di nusantara.

Pro4 adalah kanal khusus budaya yang selalu memperbarui pola siaran serta kontennya agar tidak membosankan.

Pada pergelaran budaya bertajuk budaya memperkokoh NKRI tersebut, beragam musik serta tari tradisional dipertontonkan kepada ribuan warga yang hadir.

Tidak hanya Minangkabau, kegiatan juga menyuguhkan budaya dari daerah lain, seperti kesenian dari Sumatera Utara dan Jawa.

Beberapa grup kesenian yang tampil juga menyajikan beberapa musik tradisional yang telah dilebur dengan musik modern.

Kegiatan makin meriah ketika Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang hadir membuka acara itu, menampilkan permainan drumnya.

Ia mengebuk drum dengan berkolaborasi bersama kelompok musik etnik.

“RRI adalah media yang berkomitmen memperhatikan budaya, ketika beberapa media lain sibuk dengan informasi yang gaduh. Ini harus dipertahankan,”kata Irwan Prayitno dalam sambutan.

Tidak hanya pertunjukkan musik, warga yang hadir juga dihibur dengan permainan Kesenian Irama Minang (KIM), suatu pertunjukan yang dimainkan dengan iringan musik serta dendangan berbagai tembang lagu.

Permainan KIM yang bermuatan undian itu merebutkan berbagai hadiah, di antaranya kulkas dan mesin penanak nasi.

Hingga pukul 23.00 WIB, warga masih bertahan di lokasi pergelaran dan mengikuti permainan KIM tersebut.

Kegiatan tersebut tampak dihadiri antara lain Anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu, Dewan Pengawas RRI Dwi Hernuningsih, dan Dewan Pengawas TVRI Arief Hidayat.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami