Politik

Perkumpulan Cinta Ahok Laporkan Ketua KPUD DKI ke DKPP

BTN iklan

Jakarta, LEI – Yuliani Zahara Mega, Ketua Perkumpulan Cinta Ahok, mendaftarkan laporan kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terkait dengan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Ketua KPUD DKI Jakarta, Sumarno.

Yuliani dalam keterangan tertulis, Jumat (17/3), menyampaikan, pihaknya melaporkan Sumarno, hari Kamis kemarin (16/3) dan DKPP telah menyatakan memenuhi verifikasi.

“Pihak dari DKPP menyatakan bahwa laporan yang dipersiapkan oleh para kuasa hukum pelapor telah memenuhi verifikasi administrasi dan oleh karenanya berhak untuk diberikan nomor registrasi pendaftaran, yaitu No. 119/VI-P/L-DKPP/2017,” ujarnya.

Adapun yang menjadi dasar diajukannya laporan tersebut, adalah tindakan ketua KPU Provinsi DKI Jakarta yang sempat menggunakan foto Aksi Damai 212 sebagai profile picture pada aplikasi WhatsApp miliknya.

Kemudian, pertemuan dan pembicaraan antara ketua KPU DKI Jakarta dan Anies Baswedan di TPS 29 Kalibata pada saat dilakukan pemungutan suara ulang dan tindakan ketua KPUD Provinsi DKI Jakarta yang memberikan perlakuan berbeda kepada pasangan Anies Baswesdan-Sandiaga Uno pada saat Rapat Pleno yang diselenggarakan oleh KPUD Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 4 Maret 2017.

“Yang mana serangkaian perbuatan tersebut diduga merupakan pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan, yaitu Pasal 10 huruf a, Pasal 10 huruf b, dan Pasal 14 huruf c Peraturan Bersama Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilihan Umum, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum No. 13 Tahun 2012, No. 11 Tahun 2012, No.1 Tahun 2012 tentang Kode Etik Penyelenggara Pemilihan Umum,” ujarnya.

Sehubungan dengan laporan ini, pihak DKPP menjelaskan bahwa langkah selanjutnya adalah ketua DKPP akan segera melaksanakan verifikasi materiil terhadap laporan yang diajukan oleh pelapor, serta mengevaluasi apakah benar terdapat indikasi pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh ketua KPUD DKI Jakarta.

Jika nantinya ketua DKPP menilai memang ada indikasi pelanggaran kode etik, maka DKPP akan melanjutkan laporan ini kepada tahap pemeriksaan atas laporan yang diajukan tersebut.


“Pihak DKPP juga menjelaskan kepada pelapor, bahwa mereka akan segera menginformasikan kepada pelapor maupun para kuasa hukumnya mengenai hasil verifikasi materiil yang akan dilaksanakan DKPP tersebut‎,” ujarnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami