Hukum

Permainan Harga Roda Dua Yamaha (?)

BTN iklan

JAKARTA/Lei  — Mantan Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Yoichiro Kojima mengakui mengirim surat elektronik kepada bawahannya untuk mengkaji ulang harga motor skutik Yamaha.

Akan tetapi, dia menolak tuduhan ada perintah agar harga Yamaha harus disesuaikan dengan harga motor skutik PT Astra Honda Motor (AHM).

Seperti diketahui, e-mail atau surel internal yang dikirimkan kepada Executive Vice President PT YIMM pada April 2014 ini menjadi salah satu bukti kunci KPPU. Bukti tersebut diduga menjadi asal muasal tuduhan persekongkolan Yamaha dan Honda.

Kedua produsen motor tersebut diduga melanggar Pasal 5 Ayat 1 UU No. 5/1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Dalam fakta persidangan, KPPU melansir bukti surat elektronik yang berisi tentang keluhan dan permintan Presdir kepada vice president. Surel yang dikirim melalui alamat [email protected] menyatakan bahwa harga beberapa produknya seperti Vixion dan Fino lebih rendah dari harga Honda.

Dalam surel tersebut, dia menyebutkan akan mengirimkan pesan kepada Honda jika Yamaha akan mengikuti kenaikan harga Honda untuk mengatasi berbagai isu industri bersangkutan. Adapun, isu terkait dimaksud a.l. fluktuasi nilai tukar dan kenaikan upah minimum.

“Tolong untuk me-review harga produk saat ini. Apabila ada kesempatan, mohon untuk menyesuaiakan harga,” tulis Kojima dalam surat elektronik yang dipaparkan dalam persidangan, Rabu (16/11).

Kendati begitu, Kojima menilai penyebutan nama kompetitor dalam email itu tidak bermaksud serius. Pasalnya, pihaknya tidak mengirimkan surelapapun kepada Honda. Selain itu, dia mengklaim tidak ada tindak lanjut tentang kajian harga yang dia dapat dari vicepresident.

“Kami tidak pernah menghubungi Honda setelah email itu dibuat. Lagipula penyesuaian yang dimaksud dalam email adalah penyesuaian brand value untuk menunjukkan value perusahaan kami agar tidak jatuh dari Honda,” katanya saat menjadi saksi dalam sidang.

Dia secara pribadi juga meminta maaf kepada PT AHM karena melibatkannya dalam emailinternal perusahaan. Disebutnya nama Honda dalam surel tersebut, klaimnya, karena Honda dianggap pesaing yang head-to-head dengan PT YIMM dari segi kualitas produk maupun pangsa pasar.

Kojima juga membantah menaikkan harga motor skutik berkali-kali setelah adanya surel tersebut. “Sebelum ada email itu, harga sudah naik. Dan setelah kejadian email, harga juga naik karena memang ada pertimbangan kenaikan harga dari internal perusahaan.”

MOTIF TERLAPOR

Investigator KPPU Helmi Nurjamil mengatakan saksi yang dihadirkan oleh otoritas persaingan usaha ini didatangkan untuk mengungkap pelanggaran persaingan usaha. Dari pernyataan saksi, diharapkan dapat diketahui motif PT YIMM sebagai terlapor I dalam surat elektronik yang melibatkan PT AHM.

Selain itu, saksi diharapkan mampu menjelaskan tentang kenaikan harga motor skuter matik lima kali pada 2013—2014. Padahal, kenaikan harga merek pesaingnya hanya dilakukan maksimal dua kali dalam setahun.

Helmi menyatakan saksi mencoba mengelak bahwa penyesuaian yang dimaksud adalah penyesuaian brand value atau kualitas. Padahal, tupoksi dari Executive Vice President, seperti disebutkan oleh saksi, yaitu menyesuaikan harga di pasar.

“Kalau pennyesuaian kualitas, ya, kirim email nya ke tim research and development bukan tim management marketing,” katanya usai sidang.

Sebelumnya, Executive Vice President Yamaha Motor Manufaturing Indonesia Dyonsius Beti mengungkapkan KPPU tidak dapat membuktikan adanya komunikasi antara Yamaha dan Honda. Lagipula, surel perintah penyesuaian harga tidak pernah dikomunikasikan kepada pihak Honda.

“Yang namanya perjanjian atau kesepakatan kartel pasti ada komunikasi dua arah dengan pesaing. KPPU tidak dapat membuktikan adanya komunikasi antara Yamaha dan pesaingnya,” katanya.

Senada, General Manager of Corporate Secretary  and Legal PT Astra Honda Motor Andi Hartanto mengatakan pihaknya sama sekali tidak melakukan perjanjian apapun terkait harga dengan pesaing manapun.

Perlihatkan Lebih

2 Comments

  1. 494353 834282Visiting begin a business venture about the internet generally means exposing your products or services moreover provider not only to some individuals inside your town, but yet to lots of future prospects who may possibly be over the internet numerous times. straightforward internet business 330157

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami