Hukum

Permohonan PKPU, Indosat Menyanggupi Pembayaran Tanpa Restrukturisasi

BTN iklan
JAKARTA legaleraindonesia.com sepeti dikutip pada bisnis.com— Perusahaan telekomunikasi yang tengah diajukan PKPU, PT Indosat Tbk. mengaku masih sanggup menyelesaikan kewajibannya kepada seluruh kreditur tanpa melalui jalur restrukturisasi utangDalam berkas duplik, kuasa hukum PT Indosat Tbk Anita D. Kolopaking menilai kreditur lain yang diajukan PT Lintas Teknologi Indonesia (pemohon) berdasarkan laporan keuangan perusahaan tidak menunjukkan posisi bahwa termohon tidak dapat melanjutkan kewajibannya.
“Termohon masih dapat memenuhi pembayaran utang tersebut,” tulis Anita dalam berkas yang Bisnis kutip, Kamis (1/9). Dia menjelaskan klaim utang Indosat sebesar US$1,04 juta yang belum diselesaikan bukan disebabkan ketidakmampuan bayar, melainkan telah adanya kesepakatan kedua pihak dalam perjanjian perdamaian.
Pihaknya membantah telah menggiring perkara a quomen jadi rumit dan mengaitkan dengan perkara perjanjian perdamaian. Menurutnya, kontrak pengadaan infrastruktur telekomunikasi dan perjanjian perdamaian memang merupakan dokumen hukum utama bagi kedua pihak. Terlebih, hingga saat ini belum ada putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap mengenai sah atau tidaknya perjanjian perdamaian tersebut, sehingga dianggap masih mengikat kedua pihak sebagai undang-undang.
Dalam perjanjian perdamaian juga terdapat klausul pada Pasal 6.1 yang menyatakan bahwa Indosat memiliki hak untuk menahan pembayaran US$1,04 juta, apabila PT Lintas Teknologi Indonesia tidak memiliki iktikad baik dalam menyelesaikan kewajiban sebesar US$2,5 juta. Namun, pemohon justru mengajukan gugatan untuk membatalkannya.
Anita juga menilai pemohon yang meminta pengadilan tetap memeriksa perkara a quoken dati terdapat klausul arbitrase ada-lah keliru. Pasal 303 Undang-undang No. 37/2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang secara jelas menyebutkan hanya untuk permohonan kepailitan.
Adapun, lanjutnya, perkara yang tengah berlangsung saat ini merupakan permohonan restrukturisasi utang yang mempunyai pengertian, prosedur, dan putusan yang berbeda.
SAKSI AHLI
Sementara itu, kuasa hukum PT Lintas Teknologi Indonesia Mulyadi akan menghadirkan saksi ahli dari akuntan guna membuktikan perihal kreditur lain. Menurutnya, kreditur yang tercantum dalam laporan keuangan adalah benar dan sudah dapat diakui. “Kami akan ajukan seorang saksi ahli pada pekan depan,” kata Mulyadi seusai persidangan. Pihaknya menilai termohon yang tidak mau membayar utangnya karena merasa pemohon juga mempunyai kewajiban.
Asas itu disebut exceptio nonadimpleti contractus . Menurutnya, asas itu bisa diterapkan jika kedua belah pihak mengakui adanya hak dan kewajibannya telah jatuh waktu, sehingga bisa diperjumpakan. Syaratnya asas itu dalam satu kontrak. Pemohon mencantumkan sejumlah kreditur lain berdasarkan laporan keuangan termohon. Adapun, calon tim pengurus yang diusulkan terdiri dari Jimmy Simanjuntak, Heince T. Simanjuntak, dan Ferry G. Panggabean
Kata kunci
Perlihatkan Lebih

46 Komentar

  1. brescia gay incontri chat hispano ciudad real incontri gay reggio emila
    incontri gay pescara bakeka carreterasgay siti incontri gay gratuiti
    bakeca incontri gay chieti contactos sexo girona bacheca incontri rimini gay
    incontri gay a balestrate chico busca chico bizkaia incontri gay reggio emilia
    incontri gay abari ambiente gay salamanca incontri gay corfГ№
    bakeka incontri bari gay Ebony new york mature dating incontri gay anapoli
    incontri gay sul treno chicos gay tenerife bacheca incontri gay reggio
    bakec incontri milano gay Dating in abbeville la bakeka incontri napoli gay
    incontri gay/roma traductor euskera castellano gratis bacheca incontri gay milano

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami