Internasional

Perompak Bebaskan Kapal Tanker Hong Kong Pengangkut 13.500 Ton Bensin

BTN iklan

MUMBAI, Lei – Kapal tanker milik Anglo-Eastern yang mengangkut 13.500 ton bensin akhirnya dibebaskan oleh kelompok bajak laut dari Teluk Guinea, Afrika. Kapal milik perusahaan asal Hong Kong itu diketahui hilang kontak pada Jumat 2 Februari dan dinyatakan hilang bersama 22 orang kru asal India.

“Seluruh kru kapal dilaporkan dalam keadaan yang baik dan kargo masih berada di atas kapal,” bunyi pernyataan resmi pihak Anglo-Eastern, mengutip dari Reuters, Selasa (6/2/2018).=

Kapal terakhir kali melakukan kontak dengan pihak Anglo-Eastern pada Kamis 1 Februari ketika sedang membuang sauh di Benin. Kementerian Luar Negeri India langsung bergerak cepat untuk menyelamatkan warganya yang hilang, bekerja sama dengan otoritas terkait di Benin dan Nigeria.

Teluk Guinea diketahui menjadi target para pembajak yang mencuri kargo dan menyandera para kru demi meminta tebusan. Belum diketahui apakah pembebasan kapal dan kru Marine Express itu melibatkan uang tebusan atau tidak.

Kapal-kapal yang berlayar di perairan Teluk Guinea merupakan target empuk insiden pembajakan sepanjang 2017 menurut data Biro Maritim Internasional (IMB) yang dikeluarkan pada Januari lalu. Laporan tersebut menyoroti keamanan perairan internasional di wilayah Afrika Barat yang semakin mengkhawatirkan.

Perairan Afrika di wilayah timur pun tidak luput dari masalah pembajakan, terutama di Somalia. Perompakan dan pembajakan di lepas pantai Somalia pernah menjadi sebuah ancaman serius di jalur pelayaran dunia.

Patroli gabungan negara-negara di dunia digelar untuk mengatasi masalah tersebut. Aktivitas para perompak menurun drastis pada rentang 2012-2017. Sejak saat itu, wilayah rawan perompakan di laut berpindah ke Teluk Guinea.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close