Olahraga

Persipura Awali Liga 1 Dengan Kemenangan Atas Persela

BTN iklan

Persipura Jayapura mengawali partai pedana Go-Jek Liga 1 dengan sempurna. Menjamu Persela Lamongan di Stadion Mandala, Sabtu (24/3/2018), ‘Mutiara Hitam’ menang dengan skor tipis 2-1.

Boaz Solossa membawa Persipura unggul lebih dulu pada ke-28, sebelum disamakan oleh Sugeng Efendi ketika satu jam laga berjalan. Tiga poin Persipura ditentukan melalui gol Rubener Wanma pada menit ke-75.

Persipura yang dilatih Peter Butler mengusung formasi 4-3-3 dengan menempatkan trio Boaz Solossa, Marcel Sacramento, dan Hilton Moreira di lini depan. Sementara, Ian Louis Kabes bertindak sebagai jenderal lapangan tengah.

Di kubu lawan, Persela cukup banyak melakukan perubahan dalam starting XI ketimbang musim lalu. Fahmi Al Ayyubi masih menjadi andalan di lini serang untuk mendukung Lorris Arnaud selaku striker tunggal.

Tampil di hadapan pendukung sendiri, Persipura langsung mengambil inisiatif serangan. Dominasi permainan terlihat jelas. Peluang pertama pun datang ketika laga memasuki menit ke-25.

Berawal dari umpan silang Gunansar Mandowen, bola yang mengarah ke kotak penalti disambut dengan tandukan oleh Hilton. Sayang, bola masih meluncur mengenai tiang gawang.

Terus-menerus digempur, pertahanan Persela akhirnta runtuh juga pada menit ke-28. Adalah Boaz yang membuka keunggulan bagi Persipura usai memanfaatkan umpan silang David Rumakiek lewat sundulan tanpa bisa dihadang kiper lawan, M. Ridwan. Gol ini juga menandai Boaz sebagai pencetak gol perdana Liga 1 musim 2018.

Kemasukan gol membuat Persela mencoba keluar dari tekanan. ‘Laskar Joko Tingkir’ sempat memiliki kesempatan menyamakan kedudukan. Tetapi, sepakan keras Arnaud dari luar kotak penalti masih bisa dimentahkan oleh kiper Persipura, Dede Sulaiman.

Usai mengakhiri 45 menit pertama dengan kecolongan satu gol, Persela keluar dari ruang ganti dengan semangat ganda. Tujuan satu: menyamakan kedudukan. Karena itu, tak heran skuat asuhan Aji Santoso ini lebih berani menekan tuan rumah.

Shohei Matsunaga menebar ancaman. Tendangan kerasnya pada menit ke-54 membuat Dede Sulaiman kerepotan. Tetapi, bola masih bisa ditepis sang penjaga gawang sehingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Enam menit berselang, keberanian Persela menggebrak pertahanan lawan membuahkan hasil. Gol diawali pergerakan Diego Assis dari sisi kiri kotak penalti lawan. Bola kemudian disontek pemain yang baru masuk, Sugeng Efendi. Skor imbang 1-1.

Persipura merespon gol tersebut dengan mengganti Marcel dengan Rubener Wanma. Keputusan itu ternyata berbuah manis. Karena, Rubener tampil sebagai pahlawan kemenangan bagi Persipura.

Ketika laga memasuki menit ke-75, Persipura menekan lewat Yohanes Tjoe yang mengirimkan umpan ke dalam kotak penalti. Bola gagal ditangkap dengan sempurna oleh M. Ridwan. Rubener yang berada di dekat bola pun langsung menyonteknya sehingga membuat tuan rumah kembali unggul hingga berakhirnya pertandingan.

[Kumparan]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami