Internasional

Pertama di Dunia: e-Road di Swedia, Jalan yang Bisa Charge Mobil Listrik Ketika Berjalan

BTN iklan

(LEI)Jalan pertama di dunia, yang bisa mengisi daya kendaraan bertenaga listrik ketika berjalan di atasnya, diresmikan di Swedia awal bulan ini. Jalanan ini berada diluar kota Stockholm dan memiliki panjang hampir 2 kilometer. Proyek inovasi pemerintah Swedia, yang diberi bernama “eRoadArlanda”, ini bertujuan agar negara ini bisa memiliki sistem transportasi yang bebas dari bahan bakar minyak di tahun 2030.

Teknologi e-Road bekerja melalui transfer energi yang terjadi antara rel elektrik dan lengan pengisi daya, yang menjadi bagian dari kendaraan bertenaga listrik. Bagian tengah jalan sudah dipasang rel yang mengalirkan tenaga listrik ketika ada kendaraan yang lewat. Lengan pengisi daya yang berada di bagian bawah mobil atau truk listrik bisa mendeteksi jalanan yang memiliki rel. Lengan ini akan terjulur otomatis dan bersentuhan dengan rel. Ketika mobil berhenti atau ganti jalur, lengan akan terlipat secara otomatis. Rel yang berada di tengah jalan juga masih tetap berfungsi di tengah hujan atau salju.

Didukung penuh oleh Uni Eropa

“Salah satu isu paling penting sekarang ini adalah bagaimana menciptakan transportasi darat yang bebas dari bahan bakar minyak. Dan kami punya solusi untuk membuat ini menjadi kenyataan. Swedia berada di barisan terdepan dalam teknologi ini dan kami berharap untuk bisa memperkenalkan teknologi ini ke seluruh negeri dan dunia”, kata Hans Säll, pemimpin konsorsium eRoadArlanda.

Direktur Jenderal Badan Transportasi Swedia, Lena Erixon, mengatakan “Penting sekali untuk melakukan terobosan dalam hal yang terkait dengan transportasi darat yang ramah lingkungan. Oleh karena itu, kami mendukung proyek-proyek inovasi yang memberikan kontribusi jangka panjang dan berkelanjutan”, seperti dilansir situs web resmi eRoadArlanda.

Komisioner Transportasi Uni Eropa, Violeta Bulc, mengatakan bahwa tersedia pendanaan dari Uni Eropa untuk proyek semacam ini. Hal ini tentu mendorong pemerintah Swedia dan konsorsium eRoadArlanda untuk memanfaatkan kesempatan ini dan membuat lebih banyak jalanan yang bisa mengisi daya kendaraan bertenaga listrik. (DW)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami