Olahraga

Pertama Di Indonesia, Sekolah Khusus Olahraga Bagi Atlet Difabel

BTN iklan

SOLO, (LEI) – Sekolah rintisan khusus olahraga bagi penyandang disabilitas bernama Sekolah Khusus Olahraga (SKO) didirikan di Kota Solo. Ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Sekolah Khusus Olahraga (SKO) diresmikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Kamis (20/12/2018).

Gedung yang di bawah naungan Yayasan Insan Sembada (YIS) terletak di wilayah Karangasem, Kota Solo akan menjadi pusat berkumpulnya para siswa difabel, sekaligus menjadi asrama.

Sebagai sekolah rintisan untuk angkatan pertamanya, SKO disabilitas memiliki 22 siswa dari tingkat SMP dan SMA.

Keberadaan rintisan KSO ini diharapkan dapat menghasilkan bibit-bibit atlet berprestasi yang bisa mengharumkan nama bangsa.

“Berkat cita-cita lama dari Presiden, untuk tidak membeda-bedakan kepada seluruh warga Indonesia. Ini pertama kalinya di Indonesia, tidak ada tempat bagi yang membeda-bedakan. Tidak boleh ada diskriminasi bagi penyandang disabilitas. SKO ini akan menjadi kawah Candradimuka menampung atlet-atlet masa depan Indonesia,” terang Imam Nahrawi, Kamis (20/12/2018).

Sementara untuk kegiatan pelajaran umum, siswa-siswi akan menempuhnya di sekolah formal di sejumlah sekolah negeri Kota Solo, seperti SMA Negeri 8, SMK 9, SMP 23, SMP 22, SMP 20, SMA dan SMP Luar Biasa.

Hanya ada empat cabang olahraga (cabor) yang berada di SKO atlet difabel yakni atletik, renang, tenis meja, dan bulu tangkis.

“Terus terang saya tidak sepakat dengan istilah terbatas. Mereka adalah anak-anak yang hebat dengan segala cita-cita dan potensinya. Mana kala kita dorong dan maksimalkan dan tentu doakan agar mereka isa membawa nama harum Indonesia,” imbuh Imam Nahrawi.

Adanya sekolah khusus olahraga bagi penyandang disabilitas direspons positif oleh NPC Indonesia.

“SKO memudahkan NPC untuk semakin mengembangkan atlet masa depan. Selain itu alangkah baiknya juga mengembangkan PPLP Disabilitas di berbagai provinsi,” imbuh Sekjen NPC Indonesia, Pribadi.

[Bola.com]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami