LiputanNasional

Pertamina AKan Menerima Pelunasan Hutang dari Pemerintah

BTN iklan

Jakarta (Lei) –  Pemerintah disebut berencana membayar utang subsidi energi sebesar Rp20 triliun kepada PT Pertamina (Persero) dalam waktu dekat.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan hal tersebut diputuskan dalam rapat dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri ESDM Ignasius Jonan dalam sebuah forum di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (1/8).Image result for pertamina

“Pembayaran subsidi sebagian besar sudah dilakukan dan ada settlement sebesar Rp20 triliun untuk yang 2016-2017,” ujar Nicke di Jakarta, Rabu (1/8).Menurut Nicke, pembayaran utang subsidi untuk periode 2016-2017 tersebut telah selesai diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Kendati begitu. ia masih belum menyebutkan waktu pembayaran utang subsidi sebesar Rp20 triliun itu.

“Untuk 2016-2017 karena baru selesai divalidasi atau diaudit BPK, iya Subsidi,” terang dia.

Di sisi lain, Nicke juga menegaskan neraca keuangan perseroan sampai saat ini masih sehat. Indikatornya, kata dia, adalah kemampuan Pertamina untuk melakukan investasi.”Keuangan Pertamina masih sangat kuat. Tiga tahun terakhir kalau kita lihat, tambahan dari keuntungan Rp90 triliun. Ini sebagian besar masuk ke return earning,” terang dia.

Nicke juga memaparkan Pertamina masih memiliki kapasitas investasi senilai Rp11,7 triliun. Dengan kondisi arus kas (cash flow) seperti yang dipaparkannya Nicke menegaskan Pertamina tidak memiliki masalah keuangan.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami