LiputanNasional

Pertamina-BUMN Tingkatkan Sinergi Dalam Memperkuat Poros Maritim Dunia

BTN iklan

Jakarta/Lei – PT Pertamina bersama-sama dengan sejumlah BUMN kluster industri berat dan perkapalan meningkatkan sinergi dalam rangka memperkuat strategi dan konsolidasi serta selaras dengan upaya mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.Image result for maritim indonesia

“Sangat bangga akhirnya kerja sama ini bisa ditandatangani dan saya harapkan bisa direalisasikan,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno dalam acara penandatanganan kerja sama di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat.

Menurut Menteri BUMN, berbagai pihak yang telah menandatangani kerja sama tersebut diharapkan bisa konsentrasi dalam melakukan pembenahan dan jangan ragu bekerja sama kalau ada kesukaran.

Sementara itu, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina Gigih Prakoso menyatakan, dukungan dalam melakukan sinergi ini juga merupakan salah satu faktor yang meningkatkan investasi. “Dukungan sinergi ini bisa menyatukan dua kekuatan untuk menangkap peluang bisnis ke depan,” ujarnya.

Menurut dia, Pertamina pada tahun depan berencana berinvestasi hingga sekitar 6 miliar dolar AS, di mana sekitar 200 juta dolar terkait dengan perkembangan kapal.

Sejumlah badan usaha industri perkapalan seperti PT PAL, PT Dok dan Perkapalan Surabaya, PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari, PT IKI, PT Barata, dan PT Boma BIsma Indra menyambut baik kerja sama itu karena memberikan kesempatan bersinergi termasuk dalam proyek pembangunan dan pemeliharaan kapal.

Sementara itu Deputi Kementerian BUMN Bidang Usaha Pertambangan Industri Strategis dan Media Fajar Harry Sampurno menyatakan sinergi itu juga bertujuan menyejahterakan bangsa.

Dia juga mengingatkan bahwa sinergi yang terbangun diharapkan tidak hanya bersifat transaksional tetapi juga bisa bersifat komprehensif atau menyeluruh hingga sinergi yang bersifat konsolidasi.

Sebelumnya, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina Gigih Prakoso saat menjadi panelis dalam acara Pertambangan dan Energy Expo 2017 di Jakarta, Rabu (27/9), menyatakan bahwa berbagai peluang dan tantangan bisnis yang dihadapi dalam industri minyak dan gas ke depannya diperkirakan bakal menjadi semakin kompleks.

“Sebagai entitas bisnis yang kompleks, mulai upstream, midstream hingga downstream, peluang bisnis bagi Pertamina menjadi tantangan yang besar,” kata Gigih dalam acara Pertambangan dan Energi Expo 2017.

Menurut dia, dalam rangka menguatkan posisi baik di tingkat regional maupun global, Pertamina harus mengelola investasi secara berkelanjutan, seperti meningkatkan produksi dan riset, serta menjaga ketahanan energi guna kedaulatan bangsa.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami